Jakarta (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) DKI Jakarta memberi pelatihan perbengkelan mesin kapal bagi nelayan di Pulau Pari dan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, untuk mempermudah mereka menyiapkan sarana dan prasarana melaut. 

"Sebanyak 25 nelayan Pulau Pari dan Pulau Tidung yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Perikanan Tangkap mengikuti kegiatan pelatihan," kata Subkelompok Perikanan Tangkap, Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) DKI Jakarta, Khairinal di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan pelatihan yang digelar pada 20-21 Agustus 2024 ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan optimalisasi potensi perikanan tangkap di Kepulauan Seribu.

Ia menyebutkan, puluhan peserta diberikan pelatihan berupa pengenalan mesin kapal dengan materi teknik-teknik "trouble shooting" praktis mesin kapal perikanan.

Kemudian teknik-teknik perawatan (maintenence) mesin kapal perikanan dan praktek teknik pengelasan diberikan dalam pelatihan yang digelar di kawasan Pantai Pasir Perawan, Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Baca juga: PPKD Jaktim jalin kerja sama dengan 45 perusahaan
Baca juga: Pemkab tumbuhkan jiwa wirausaha melalui pelatihan keterampilan


Ia berharap pelatihan ini dapat menghasilkan nelayan-nelayan yang mandiri dengan keterampilan yang dimiliki usai pelatihan yang diberikan narasumber.

Selain itu, Dinas KPKP juga mendistribusikan bantuan berupa lima unit perangkat alat las, 25 paket "tool kit" dan 25 perangkat mesin grinda poles yang diberikan kepada 25 nelayan yang menjadi peserta pelatihan.

Anggota KUB Lencam, Abdul Syukur mengaku senang bisa ikut dalam kegiatan pelatihan perbengkelan mesin kapal

Menurut dia, pelatihan ini bagus dan dirinya sebagai nelayan merasa terbantu sehingga dengan pelatihan dan ilmu yang diterima tentunya dapat bermanfaat dalam keseharian sebagai nelayan.

"Apabila kapal mesin mengalami masalah di lautan, kami dapat memperbaiki secara langsung," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024