Jakarta (ANTARA) - World Boxing Association (WBA) menghadirkan Program WBA Kids sebagai program inisiasi dan pelatihan tinju sedunia bagi kalangan anak-anak laki-laki dan perempuan sejak berusia dini.

"Program baru ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mendidik anak laki-laki dan perempuan tentang seni tinju yang mulia," demikian keterangan WBA sebagaimana dilansir dari laman resmi di Jakarta, Rabu.

Peluncuran program itu akan berlangsung di Argentina bertepatan dengan ajang International Boxing Festival KO Drugs yang berlangsung pada 23-24 Agustus 2024 mendatang di Buenos Aires.

Edisi pertama WBA Kids ditandai dengan penampilan anak-anak dan remaja untuk menjadi bintang dalam pertandingan tinju pada Rabu (22/8).

Dijelaskan, program itu dirancang dengan alat pedagogi untuk mempromosikan tinju non-kontak dalam lingkungan yang menyenangkan dan tanpa kekerasan.

WBA Kids berupaya membangun struktur formatif dan kompetitif bagi anak laki-laki dan perempuan, yang saat ini tidak memiliki ruang di ranah federatif.

Dalam program itu, anak-anak akan dilatih para pelatih dan direktur teknis dengan alat pedagogi khusus untuk perekrutan bakat dan pelatihan pada usia dini.

Asosiasi Tinju Dunia berharap program itu dapat memberikan ruang baru bagi pelatihan dan pengembangan tinju pada kelompok umur yang kurang terlayani.

"Harapannya, hal ini dapat memberikan manfaat bagi federasi dan olahraga Olimpiade di setiap negara tempat WBA Kids dilaksanakan," demikian keterangan WBA.

Dengan cara tersebut, WBA melanjutkan kontribusinya terhadap promosi dan pengembangan tinju di seluruh dunia. WBA Kids bergabung dengan WBA Academy, WBA Future Champions dan KO Drugs International Festival, sebagai pilar aksi organisasi pionir yang memihak pada olahraga tinju dunia.

Baca juga: WBA Asia hadirkan turnamen regional angkat perkembangan tinju Asia

Baca juga: WBA pindahkan markas besar dari Panama ke Amerika Serikat

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024