Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) 2024 bagi anak-anak di SD Negeri Cakung Barat 08 Pagi, Kecamatan Cakung, Rabu, sebagai upaya menekan angka tengkes atau stunting.
 
"Ini penting, selain upaya menurunkan angka stunting, kegiatan rutin digelar tiap tahunnya ini bertujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan dengan beragam olahan kepada anak se-Jakarta Timur," kata Wakil Wali Kota Jakarta Timur Iin Mutmainah dalam kegiatan itu.
 
Pemerintah Kota Jakarta Timur (Jaktim) berkomitmen menurunkan angka stunting
melalui kampanye Gemarikan tersebut.
 
Menurut dia, kegiatan yang diinisiasi Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Jakarta Timur bukan hanya untuk mempromosikan, namun menyosialisasikan manfaat makan ikan pada anak-anak.

Baca juga: Pemkab kampanyekan Gemarikan guna dukung percepatan penurunan stunting
Baca juga: Jakpus kampanyekan siswa SD gerakan makan ikan ikhtiar generasi sehat
 
Harapannya, dengan adanya kegiatan ini anak-anak dapat tersosialisasikan dan lebih mengetahui manfaat makan ikan. "Jadi, saya harap anak-anak dapat lebih memahami apa saja yang terkandung pada ikan yang memiliki protein yang luar biasa," tuturnya.
 
Iin mengingatkan kepada orang tua khususnya kalangan ibu agar terus memberikan asupan bergizi pada anaknya sehingga capaian Indonesia dalam mewujudkan generasi emas 2045 dapat maksimal.
 
"Berikan menu bergizi itu lebih baik. Jadikan olahan ikan makanan yang kesukaan sehingga terwujudnya generasi bangsa yang sehat dan cerdas," kata Iin.
 
Salah satu siswi SD Negeri Cakung Barat 08 Pagi, Intan Nadia mengaku senang dapat menikmati olahan ikan yang telah disajikan.
"Senang, enak dan suka semua makanannya," katanya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024