Jakarta (ANTARA) -
Liga Europa merupakan kompetisi sepak bola tertinggi kedua di Eropa setelah Liga Champions. Liga ini telah menjadi ajang bagi banyak klub untuk memperlihatkan kualitas dan keterampilan mereka.

Sejak pertama kali bergulir pada musim 1971-1972, turnamen ini telah menyaksikan berbagai klub yang meraih kesuksesan yang besar. Seperti, Sevilla, Atletico Madrid, Juventus, dan beberapa klub besar lainnya.

Di antara klub-klub yang tampil di liga tersebut, Sevilla FC menjadi klub yang telah mencatatkan diri sebagai tim tersukses dalam sejarah Piala UEFA atau Liga Europa, dengan tujuh gelar yang diraih hingga kini, termasuk tiga kemenangan berturut-turut pada tahun 2014, 2015, dan 2016.
 
Sementara itu, Tottenham Hotspur memenangkan Piala UEFA pertama mereka pada musim 1971-1972, dengan total dua trofi. Selama periode 1971 hingga 2009, tiga klub besar—Inter Milan, Juventus, dan Liverpool—masing-masing berhasil meraih trofi tersebut tiga kali.

Secara historis, tim-tim Spanyol mendominasi kompetisi dengan 14 kemenangan. Klub-klub Inggris dan Italia berada di posisi kedua dengan masing-masing sembilan gelar. Sementara itu, tim-tim Jerman, termasuk yang berasal dari Jerman Barat, telah meraih trofi ini sebanyak tujuh kali.
 
Dengan demikian, Liga Europa saat ini didominasi oleh klub asal Spanyol Sevilla FC, yang telah meraih trofi sebanyak tujuh kali dan tidak pernah kalah dalam partai final.
 
Dapat diketahui, tidak ada tim lain yang telah memenangkan gelar Liga Europa lebih banyak daripada Sevilla. Kemenangan terbaru mereka diraih melalui adu penalti pada final tahun 2023 melawan Roma yang dilatih José Mourinho.
 
Setelah Sevilla, bersama empat tim Inter Milan, Liverpool, Juventus, dan Atlético Madrid, masing-masing telah memenangkan kompetisi ini tercatat sebanyak tiga kali.
 
Selain klub-klub yang telah disebutkan, berikut adalah daftar tim-tim lain yang telah berpartisipasi dan meraih trofi di UEFA atau Liga Europa sepanjang sejarah. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Ademola Lookman, dari pemain pinjaman bertransformasi jadi bintang

Baca juga: Sukses juarai Liga Europa, Atalanta cetak sejarahnya sendiri

Baca juga: De Rossi tak ingin pengalaman pertamanya di Eropa dihentikan Milan


Halaman selanjutnya: Daftar klub dengan peraih trofi di UEFA/Liga Europa dari masa ke masa

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024