Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menyalurkan fasilitas permodalan dengan outstanding sebesar Rp30 triliun hingga Juni 2024 kepada 20.000 nasabah yang tergabung dalam program BNI Xpora.

Adapun total nasabah Xpora yang berorientasi ekspor saat ini tercatat sebanyak 43.000 nasabah. BNI menawarkan tiga program unggulan BNI Xpora bagi diaspora sekaligus membantu UKM untuk memasuki pasar internasional, yaitu “Go Productive”, “Go Digital”, dan “Go Global”.

“Kami akan memfasilitasi diaspora ini melalui Xpora, yang memungkinkan UKM Indonesia mengembangkan bisnisnya melalui inisiatif ‘Go Productive’, ‘Go Digital’, dan ‘Go Global’, dengan mempertemukan pemasok dan pembeli,” kata Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Saat ini terdapat sekitar delapan juta diaspora Indonesia yang terbagi dalam tiga kategori antara lain 10 persen pelajar, 20 persen menikah dengan WNA, dan 70 persen pekerja migran Indonesia (PMI).

Perseroan menyampaikan, BNI siap menjembatani para pelaku UKM dan diaspora untuk memperluas pasar ekspor mereka melalui jaringan Kantor Luar Negeri (KLN) yang tersebar di Singapura, Hong Kong, Seoul, New York, London, Tokyo, Osaka, dan Amsterdam.

BNI menargetkan lima segmen utama melalui jaringan luar negerinya dengan menyediakan layanan perbankan yang mencakup fasilitas pembukaan rekening (Diaspora Saving), fasilitas pinjaman untuk mendukung bisnis diaspora (Diaspora Loan), produk investasi untuk mengoptimalkan investasi diaspora (Diaspora Invest), dan layanan remitansi untuk mengirim uang kepada keluarga di Indonesia.

BNI juga menyediakan layanan perbankan yang mendukung ekspansi dan operasional perusahaan di luar negeri, baik untuk korporasi maupun anak perusahaan Indonesia. Selain itu, BNI juga mendukung UKM terutama melalui layanan transactional banking seperti trade finance.

Terbaru, pada Senin (19/8), BNI menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) bersama Indonesian Diaspora Network-United (IDN-U). Penandatanganan yang berlangsung di Jakarta ini terkait kerja sama dalam mendukung dan mengembangkan diaspora Indonesia di seluruh dunia.

Sebagai bank dengan jaringan global yang diberikan mandat oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyediakan konektivitas keuangan digital terintegrasi dengan keunggulan internasional, khususnya untuk diaspora, Okki mengatakan bahwa BNI memiliki peran penting dalam menjembatani Indonesia dengan dunia dalam upaya memperluas pasar ekspor Indonesia.

“Melalui acara ini, BNI sebagai penyedia solusi transaksi perbankan berkomitmen untuk mendukung penuh eksistensi diaspora dalam mencapai tujuan finansial mereka,” kata Okki.

Baca juga: Sandiaga: Pengusaha diaspora ujung tombak promosi parekraf Indonesia
Baca juga: BNI luncurkan aplikasi DigiRemit untuk diaspora di Jepang


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024