agar cakupan layanan kesehatan semakin luas dan meningkat
Magelang (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muntilan Kabupaten Magelang melakukan layanan prima berupa layanan Home care, Sigap, Profesional, Telaten RSUD Muntilan (Hospitarasa).

Penjabat Bupati Magelang Sepyo Achanto di Magelang, Rabu, menyampaikan, saat ini tenaga kesehatan dituntut untuk siap berkorban waktu, tenaga dan pikiran untuk melayani warga yang membutuhkan layanan kesehatan di rumahnya.

"Untuk itu saya atas nama Pemerintah Kabupaten Magelang sangat mengapresiasi inovasi Hospitarasa RSUD Muntilan ini," katanya.

Ia menyampaikan, era perang merebut kemerdekaan sudah dilakukan oleh para pendahulu bangsa, tugas selanjutnya adalah meneruskan semangat para pahlawan, salah satunya yang bisa dilakukan oleh tenaga kesehatan era sekarang adalah dengan meningkatkan etos kerja di bidang kesehatan, tentunya sesuai posisi dan porsi masing-masing.

Menurut dia, Hospitarasa merupakan bentuk nyata meneruskan semangat kemerdekaan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Saya berharap program ini betul-betul dijalankan, syukur bisa dikoneksikan dengan program pemerintah yang lain sehingga lebih berdayaguna, salah satunya dalam mengatasi kemiskinan ekstrem" katanya.

Baca juga: Perawat: perawatan keluarga adalah yang terbaik dalam "home care"
Baca juga: PMI optimalkan layanan home care untuk memantau kesehatan penyintas


Direktur RSUD Muntilan Dodi Indra Permadi mengatakan bahwa dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, RSUD Muntilan telah membuka layanan Hospitarasa.

"Kita membuka layanan tersebut mengingat
pasien RSUD Muntilan saat ini trend-nya terus meningkat dan membutuhkan pelayanan berkelanjutan," katanya.

Selain itu, masih banyak masyarakat yang belum dapat atau sulit mengakses layanan kesehatan di rumah sakit dengan berbagai permasalahan.

"Salah satu tujuan dibukanya layanan Hospitarasa adalah agar cakupan layanan kesehatan semakin luas dan meningkat, harapannya tingkat kesehatan masyarakat meningkat," katanya.

Di Kabupaten Magelang, RSUD Muntilan merupakan satu-satunya rumah sakit yang membuka layanan home care (perawatan di rumah).

Untuk itu RSUD Muntilan sudah menyiapkan dua perawat, yang salah satunya bersertifikat rawat luka, dan ke depan akan ditambah sesuai perkembangan, baik jumlah perawat maupun layanan dokter.

Adapun jenis layanan Hospitarasa yang akan dibuka adalah layanan pasang cateter, pasang sonde lambung, rawat luka, cek darah, konsultasi kesehatan, dan layanan khitan.

Baca juga: Kimia Farma Diagnostika kenalkan layanan Home Care
Baca juga: Pemkot Kediri tegaskan "Home care peduli" tetap jalan saat Ramadhan
Baca juga: Rumah Sakit Ananda Purwokerto luncurkan layanan "Ananda Home Care"

 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024