Jakarta (ANTARA) - Polri mengerahkan 4.523 personel untuk mengamankan acara Indonesia-Africa Forum (IAF) II dan High Level Forum on Multi Stakeholders Partnership (HLF-MSP) 2024 di Bali pada 1–3 September 2024.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Sandi Nugroho dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu mengatakan, ribuan personel tersebut terdiri atas 1.459 personel Mabes Polri, 2.464 personel Polda Bali, 300 personel Polda Jawa Timur (Jatim), dan 300 personel Nusa Tenggara Barat (NTB).

Adapun satuan wilayah (satwil) Polda Jatim dan Polda NTB dilibatkan dalam pengamanan lantaran Jatim dan NTB merupakan daerah penyangga dari Bali sebagai daerah yang menjadi lokasi utama.

Ia mengatakan penurunan personel tersebut merupakan bagian dari operasi terpusat dengan sandi “Puri Agung II 2024”.

“Operasi Puri Agung II 2024 akan digelar pada 31 Agustus hingga 4 September 2024,” kata dia.

Dalam operasi tersebut, Polri bersinergi dengan berbagai instansi, seperti TNI, Paspampres, hingga BNPT dalam pengamanan dua acara internasional tersebut.

“Polri mengamankan kedua event itu agar dapat berjalan aman, lancar, dan situasi kondusif. Selain itu, Polri juga bertanggung jawab terhadap pemeliharaan kamtibmas Bali agar kondusif,” ucapnya.

Diketahui, Indonesia menginisiasi HLF-MSP 2024 dengan tema Strengthening Multi-Stakeholder Partnerships: Towards a Transformative Change.

Forum internasional yang akan berlangsung selama tiga hari ini mengundang seribu peserta, dari kepala negara/pemerintah, kepala organisasi internasional, pejabat pemerintah setingkat menteri, bank pembangunan multilateral, swasta, organisasi masyarakat sipil, filantropi, hingga akademisi.

Adapun IAF ke-2 akan digelar bersamaan dengan HLF MSP. Beberapa kerja sama yang akan diprioritaskan dalam forum tersebut antara lain kerja sama dalam transformasi ekonomi, energi, pertambangan, ketahanan pangan, kesehatan, dan pembangunan.

IAF 2024 menargetkan kehadiran 28 kepala negara, serta 800 peserta yang mewakili pemerintah, organisasi internasional dan regional, serta pengusaha dari Indonesia dan Afrika.

Baca juga: Dubes Mozambik ingin IAF 2024 ciptakan mekanisme perkuat kerja sama
Baca juga: Bappenas: Indonesia akan pamerkan inovasi finansial dalam HLF-MSP 2024
Baca juga: Kemlu: IAF jadi forum strategis bagi kepemimpinan Indonesia di Afrika

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024