Jakarta (ANTARA) - Beli tiket bus online diyakini sebagai cara yang efektif karena pelanggan bisa melakukannya dari manapun dan kapanpun.

Bus menjadi transportasi pilihan dan hemat biaya terutama ketika bepergian dalam kelompok besar. Dengan jangkauan jaringan yang luas dan berbagai pilihan rute, bus menawarkan alternatif transportasi yang fleksibel dan sering kali lebih ekonomis dibandingkan dengan transportasi lainnya, seperti kereta api atau pesawat.

Operator bus juga juga memberikan kenyamanan tambahan pada armada mereka, seperti fasilitas Wi-Fi, dan layanan makanan bergantung pada jenis bus.

Kini, Anda dapat beli tiket bus secara online, yang mempermudah pemesanan  dan menghindari antrean panjang di loket. Melalui situs web atau aplikasi resmi penyedia layanan, beli tiket bus online menjadi metode yang praktis dan efisien untuk merencanakan perjalanan Anda.

Dengan kemajuan teknologi dan layanan digital, Anda dapat dengan mudah memesan tiket bus dari mana saja dan kapan saja.

Ketika beli tiket bus online, Anda dengan mudah bisa memilih jadwal perjalanan, memeriksa ketersediaan kursi, membayar secara cepat dan mendapatkan tiket elektronik perjalanan.

Berikut ini adalah berbagai cara beli tiket bus online melalui situs web atau aplikasi resmi penyedia layanan.

Beli tiket bus online menggunakan aplikasi “redBus” 

1. Instal aplikasi “redBus” melalui Play Store (android) dan App Store (iOS)

2. Pilih “Join” untuk mendaftar akun redBus. Anda bisa masuk menggunakan nomor Whatsapp atau menggunakan akun Google.

4. Berikan persetujuan aplikasi untuk mengakses lokasi Anda.

5. Selanjutnya, setelah Anda mendaftar buka halaman utama “Beranda”, isi kolom "Dari" dengan kota atau terminal asal dan "Ke" dengan kota atau terminal tujuan. Isi juga tanggal perjalanan dan tanggal kepulangan (opsional). 

6. Setelah Anda mengatur lokasi keberangkatan, tujuan, dan tanggal perjalanan. Pilih “Cari bus”

7. redBus akan menampilkan beberapa layanan bus yang tersedia, termasuk jam keberangkatan, harga tiket dan tipe bus.

8. Pilih jadwal yang sesuai dengan kebutuhan Anda, kemudian klik "Lihat Tempat Duduk". Pada redBus, Anda bisa mengeklik langsung pada ikon kursi untuk membeli kursi. Setelah itu, pilih "Lanjut".

9. Lengkapi data diri seperti alamat email, nomor telepon dan nama penumpang. Setelah itu, klik "Lanjut".

10. Selesaikan pembayaran dengan berbagai metode yang ditawarkan, antara lain dompet digital, transfer bank, virtual account dan pembayaran di minimarket. 

10. Jika pembayaran berhasil, Anda mendapatkan tiket elektronik.

Beli tiket bus online melalui situs resmi Bus Online Ticket

1. Kunjungi situs resmi Bus Online Ticket. 

2. Pada halaman utama pilih jenis transportasi “bus”

3. Isi kolom “Dari” dengan kota keberangkatan dan "Ke" dengan kota tujuan. Setelah itu, tentukan tanggal keberangkatan dan pulang (opsional). Klik "Carian". 

4. Bus Online Ticket akan menampilkan layanan bus yang tersedia pada tanggal tersebut. Informasi yang diberikan mencakup nama operator, jadwal keberangkatan, harga tiket dan tipe bus.

5. Pilih jadwal sesuai kebutuhan. Jika sudah, Anda akan diminta memilih jumlah kursi yang ingin dipesan. Setelah itu pilih “proses”

6. Lengkapi data diri penumpang, seperti nama lengkap, alamat email, nomor telepon, kemudian pilih “Berikutnya” untuk melakukan pembayaran. 

7. Selesaikan pembayaran dengan memilih metode yang ditawarkan, antara lain Qris, dompet digital dan virtual account.

7. Pembayaran berhasil, Anda sudah memiliki tiket bus.

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024