Depok (ANTARA) - Tiga mahasiswa Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI), Alif Rizki Takuada dan Abimael Manasye Tri dari program studi Administrasi Keuangan dan Perbankan, serta Syadly Yudhistira, dari program studi Bisnis Kreatif melalukan riset investasi nasional.

"Riset tersebut memuat analisis makroekonomi, analisis industri, analisis lima kekuatan Porter, competitive advantage, analisis keuangan, valuasi, hingga analisis teknikal perusahaan," kata Alif Rizki Takuada di Kampus UI Depok, Rabu.

Ia mengatakan beberapa mata kuliah yang diberikan di kelas, seperti Manajemen Keuangan, Analisis Laporan Keuangan Pasar Modal dan Perdagangan Efek, serta Analisis Teknikal dan Fundamental, menjadi dasar dalam penyusunan proposal riset tersebut.

"Kurikulum pendidikan vokasional berfokus pada pembelajaran secara praktik. Vokasi turut mempersiapkan mahasiswanya untuk berkarya dan bermanfaat bagi masyarakat, baik melalui kegiatan akademik, organisasi, hingga pemberdayaan masyarakat," ujarnya.

Dari hasil riset investasi nasional ini, mereka berhasil meraih juara ketiga pada kompetisi National Investment Research Competition (NIRC) 2024.

Alif dan tim mengungkapkan bahwa kompetisi ini merupakan wadah aktualisasi diri karena mereka sangat tertarik dengan dunia investasi atau pasar modal.

Kompetisi ini juga menjadi peluang dalam mengelaborasi potensi yang mereka miliki pada bidang tersebut menjadi lebih luas.

“Selain itu, kami juga mendapatkan banyak relasi dengan orang-orang kompeten, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, analitis, kreatif, dan inovatif, serta menambah pengetahuan hal-hal baru, dari bertukar pikiran dengan para finalis lainnya,” kata Alif.

Alif dan tim tergabung ke dalam organisasi Capital Market Student Club (CMSC), organisasi mahasiswa UI yang berfokus pada studi pasar modal dan dinaungi oleh Bursa Efek Indonesia.

Di kompetisi tersebut, mereka membawakan research paper berjudul “Accelerating Agricultural Food Industry Towards Integrated System” dengan salah satu emiten perusahaan agribisnis di Indonesia.

Proses kompetisi dilaksanakan mulai dari pembuatan research paper untuk saham yang ditentukan oleh panitia NIRC.

Baca juga: Mahasiswa UI juara pertama pekan seni mahasiswa daerah
Baca juga: Mahasiswa UI ciptakan gim "Lodaya Conquest" untuk lestarikan budaya
Baca juga: Lulusan Vokasi UI disiapkan jadi agen perubahan usaha kreatif


Pewarta: Feru Lantara
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024