Kita produksi sebanyak-banyaknya, kita perbaiki semuanya dan kita pasarkan
Medan (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni meminta para pelaku usaha mikro kecil dan menegah di wilayah ini mencetak berbagai produk unggulan untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

"Kita produksi sebanyak-banyaknya, kita perbaiki semuanya dan kita pasarkan," ujar Agus Fatoni usai meresmikan tiga inovasi Galeri UMKM Sumut Creative Center, Inkubator Bisnis dan Layanan Kemasan di Medan, Rabu.

Menurutnya, para pelaku UMKM harus memanfaatkan dengan baik pelaksanaan PON 2024 karena ajang olahraga nasional tersebut akan dihadiri ribuan orang yang akan mendongkrak perekonomian daerah dan masyarakat

"Dengan hadirnya ribuan orang dari luar Sumut merupakan peluang bagi UMKM untuk memasarkan produk-produk unggulan-nya karena pelaksanaan PON XXI ini akan menggerakkan perekonomian Sumut," kata dia.

Untuk itu, dia menambahkan dengan diresmikan Sumut Creative Center menjadi wadah para pelaku UMKM untuk mengembangkan produk-produk sehingga dapat terkenal.

Baca juga: Pemprov Sumut lakukan kurasi 300 UMKM untuk berpartisipasi di PON 2024

Baca juga: Wamenkominfo sebut PON XXI Aceh-Sumut jadi momentum mengenalkan UMKM


Dia mengatakan Sumut Creative Center merupakan komitmen pemerintah dalam mendukung seluruh pengembangan UMKM di wilayah ini agar produk-produk semakin terkenal baik di kancah nasional maupun internasional.

"Dengan adanya Sumut Creative Center menjadi wadah bertemu-nya para pelaku UMKM untuk saling bertukar ide dan berinovasi dalam menghasilkan produk," kata dia

Selain itu, lanjut dia, Pemerintah Provinsi Sumut terus melakukan pembinaan dan fasilitasi pelatihan agar UMKM di Sumut bisa mandiri dan produktif.

"Jadi silakan UMKM di Sumut untuk datang ke sini, yang belum punya kemasan akan dibuatkan desain-nya, dibuatkan kemasannya, yang plan bisnis-nya belum ada, nanti kita latih di sini, agar pelaku-pelaku UMKM di Sumut bisa naik kelas dan mendunia," sebut dia.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumut Naslindo Sirait mengatakan hadirnya Sumut Creative Center mendorong para pelaku UMKM untuk mempromosikan dan menjual produk-produk mereka.

Saat ini, kata dia, tercatat sebanyak 129 UMKM yang menjual produknya di Sumut Creative Center dengan 2.040 jenis produk.

"Ditargetkan penjualan melalui Sumut Creative Center ini mencapai Rp1 miliar untuk tahun 2024. Lalu, ada 450 pelaku UMKM dilibatkan untuk menyukseskan PON XXI Aceh-Sumut," ujar Naslindo.

Baca juga: BI Sumut mencatat 1,27 juta "merchant" pengguna QRIS di Sumut

Baca juga: Kemenparekraf minta Sumut pamerkan produk unggulan saat PON 2024

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024