Unesa sudah menyiapkan lahan sekitar 4 hektare untuk investasi dan mengelola pendidikan di IKN
Surabaya (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prof Nurhasan memastikan pihaknya akan membuka kampus baru di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Pembangunannya mungkin tahun depan sudah mulai disiapkan. Ini masih kami rapatkan dan bahas lebih lanjut bersama jajaran terkait termasuk pihak OIKN," kata Prof Nurhasan peringatan Dies Natalis ke-60 Unesa di kampus setempat, Rabu.

Unesa sudah menyiapkan lahan sekitar 4 hektare untuk investasi dan mengelola pendidikan di IKN. Lokasi yang direncanakan sebagai kawasan kampus Unesa di sana berjarak sekitar 3,5 km dari lokasi upacara HUT ke-79 Republik Indonesia kemarin.

Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN, Alumuddin mengapresiasi langkah Unesa yang membuka kampus di IKN. Langkah ini penting dilakukan, karena visi IKN menjadi kota dunia, kata kuncinya ialah sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan.

Ia juga mengapresiasi pimpinan Unesa yang berani mengambil sikap dan mengambil bagian dari rencana besar dan strategi pemerintah untuk Indonesia ke depan. Dia menegaskan bahwa IKN itu sifatnya terbuka oleh siapa saja.

Baca juga: Unesa buka program pelatihan bahasa dan budaya Jawa di Johor Malaysia

"Rektor ini (Cak Hasan) luar biasa beraninya mengambil sikap di antara ketidakpastian. Saat orang ragu-ragu, Pak Rektor langsung sodorkan visinya dan bilang ingin mendirikan Unesa di sana. Apresiasi buat beliau, semoga ini menjadi kolaborasi yang semakin memajukan bangsa dan negara," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa menyampaikan rasa bangganya dengan perkembangan Unesa.

Apalagi, lanjutnya, Unesa menjadi satu-satunya perguruan tinggi negeri atau PTN yang mendapat kesempatan membuka kampus atau prodi yang dibutuhkan untuk pengembangan IKN.

Menurutnya, ini merupakan amanah dari pemerintah untuk mengembangkan SDM Indonesia, terutama di IKN.

Dies Natalis ke-60 Unesa ini menjadi starting point yang luar biasa untuk terus tumbuh dan melaju di antara world class university lainnya, sehingga pengabdian Unesa tidak hanya skala nasional, tetapi juga global.

"Selamat Dies Natalis ke-60 untuk Unesa, tetaplah maju-melaju dan teruslah mengembangkan sayap di antara perguruan tinggi kelas dunia yang luar biasa. Sukses untuk Unesa," kata Khofifah usai menerima Anugerah Widya Wiyata Dharma Samya di Unesa.

Baca juga: Presiden tawarkan ide ke Aisyiyah dirikan fakultas nonkonvensional
Baca juga: UMPR buka kampus di IKN penugasan Presiden RI

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024