Beasiswa tersebut dalam bentuk biaya Uang Kuliah Tunggal
Palu (ANTARA) -
Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah menyebutkan program beasiswa dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sangat membantu meringankan beban mahasiswa, khususnya mereka dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah.
 
"UIN Datokarama sangat berterima kasih kepada Baznas yang telah membantu meringankan beban biaya perkuliahan mahasiswa kami," kata Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UIN Datokarama Palu Faisal Attamimi di Palu, Rabu.
 
Ia menjelaskan Baznas memberikan beasiswa pendidikan kepada 10 orang mahasiswa UIN Datokarama tahun anggaran 2024, setiap mahasiswa diberikan beasiswa senilai Rp3 juta per semester selama tiga semester, terhitung mulai semester lima sampai delapan untuk jenjang strata satu (S1).
 
Untuk memperoleh beasiswa tersebut, terlebih dahulu mahasiswa harus mendaftar dan mengikuti prosedur serta tahapan yang diberlakukan oleh Baznas, di antaranya yaitu pemeriksaan berkas administrasi dan wawancara.
 
"Dari 75 orang mahasiswa S1 yang mendaftar, hanya 65 orang dinyatakan lulus dalam tahap seleksi berkas, selanjutnya mereka telah ikut seleksi wawancara pada tanggal 16-17 Agustus 2024. Saat ini telah memasuki masa sanggah di mulai 18-31 Agustus," tutur Faisal.

Baca juga: Baznas salurkan dana Rp207 juta untuk mahasiswa Pulau Seribu
Baca juga: Baznas luncurkan Program Beasiswa Dalam Negeri dan Mahad Aly 2024
 
Ia menjelaskan, dari seleksi tersebut, selanjutnya hasil wawancara dikirim ke Baznas Pusat melalui sistem, kemudian ditentukan 10 orang mahasiswa dinyatakan layak menerima bantuan beasiswa pendidikan perguruan tinggi.
 
Menurut pihak UIN Datokarama bantuan beasiswa memberikan dampak positif bagi peningkatan kapasitas mahasiswa, karena secara psikologi mereka lebih rileks mengikuti perkuliahan karena tidak lagi memikirkan biaya pendidikan.
 
"Beasiswa tersebut dalam bentuk biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT), maka mahasiswa yang mendapat beasiswa tersebut lebih memprioritaskan uang kuliah tunggal," ujarnya.
 
Ia menambahkan UIN Datokarama telah bekerja sama dengan Baznas dalam urusan beasiswa sejak tahun 2021, yang saat itu jumlah penerima manfaat sebanyak 10 orang.
 
Kemudian tahun 2022 beasiswa Baznas diberikan kepada 10 orang mahasiswa, tahun 2023 diberikan kepada 12 mahasiswa, dan tahun 2024 Baznas kembali memberikan bantuan pendidikan untuk 10 mahasiswa, yang saat ini masih dalam tahap seleksi.

Baca juga: Menag apresiasi pengelolaan dana ZIS Baznas lewat Program Beasiswa BCB
Baca juga: Beasiswa Baznas bantu loloskan ribuan santri hingga perguruan tinggi
Baca juga: Baznas Mataram siapkan beasiswa program satu keluarga satu sarjana

Pewarta: Mohamad Ridwan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024