Kalau bisa ada festival-festival di pasar, ini sambil kita ketemu, keluhannya apa, masalahnya apa
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono mendorong adanya penyelenggaraan festival kuliner di pasar-pasar tradisional khususnya yang ada di daerah Jakarta, demi meramaikan kembali pasar rakyat.

"Saya ingin di Jakarta ini, karena saya memulai sesuatunya dari Jakarta, kita bikin festival-festival kuliner di pasar-pasar tradisional, digilir saja," kata Wamentan saat kunjungan kerja ke Pasar Minggu, Jakarta, Rabu.

Dia mengungkapkan rencana untuk menggelar festival kuliner secara rutin di pasar-pasar tradisional di Jakarta.

Untuk September mendatang, Sudaryono telah meminta festival kuliner dijadwalkan di pasar tertentu, seperti Pasar Duta Mas.

"Minta tolong di bulan September nanti diagendakan tanggal berapa, festival kuliner di pasar mana, gitu ya," imbuhnya.

Selain untuk meningkatkan kunjungan pembeli, Wamentan juga menyoroti pentingnya festival sebagai ajang untuk bertemu langsung dengan pedagang dan mendengarkan keluhan mereka.

Meski tidak semua persoalan bisa diselesaikan, Sudaryono berharap nantinya bisa menyelesaikan beberapa masalah yang dihadapi oleh pedagang.

"Kalau bisa ada festival-festival di pasar, ini sambil kita ketemu, keluhannya apa, masalahnya apa," katanya.

Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) itu juga menegaskan akan secara bertahap menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi anggotanya.

"Kita akan banyak kegiatan berbasis pasar tradisional dimulai dari Jakarta dan juga di provinsi-provinsi lain di seluruh Indonesia," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Wamentan juga mengajak pentingnya dukungan masyarakat untuk pasar tradisional dan warung lokal.

"Kami berharap kita semua saling mendukung, belanja ke pasar tradisional, belanja di warung perumahan, dan di petani," jelasnya.

Selain itu, Wamentan juga mengungkapkan rencananya untuk rutin mengunjungi pasar-pasar tradisional. Namun, dia menegaskan bahwa hal itu telah rutin dilakukan sejak lama, bukan sejak menjabat sebagai Wakil Menteri Pertanian.

"Ini nanti akan terus saya lakukan, mungkin saya akan ke pasar lain di Jakarta atau pada kunjungan ke mana pun, saya pasti akan kunjungi pasar tradisional," ujarnya.

Dia berharap dengan adanya inisiatif dirinya mengunjungi pasar-pasar tradisional dapat memberikan dampak positif pada pasar tradisional dan masyarakat, dengan meningkatkan kunjungan serta memberikan dukungan kepada para pedagang.

Seusai memberi sambutan dalam kunjungan kerjanya di Pasar Minggu, Wamentan langsung menyantap kuliner yang dijual di pasar itu.

Menurut Wamentan, pedagang di pasar tradisional yang sudah lama berdagang, menunjukkan adanya kualitas makanan yang dijual dan pelanggan setia, pasalnya jika tidak, maka seorang pedagang pasti sudah akan gulung tikar.

"Pasti enak, jadi kalau makan di tengah pasar enggak ada makanannya yang nggak enak, pasti enak semua. Anda bisa buktikan karena dia udah jualan puluhan tahun, dan bertahan berarti kan ada pelanggannya, kalau nggak ada udah dari kemarin-kemarin gulung tikar," kata Wamentan.

Baca juga: Wamentan siap memutus rantai pasok pangan panjang dari petani ke pasar
Baca juga: Wamentan beri penguatan pedagang Pasar Minggu adopsi penjualan digital
Baca juga: Wamentan: Hari Kemerdekaan momentum menyongsong kedaulatan pangan


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024