Jakarta (ANTARA) - Gempabumi megathrust kini tengah menjadi perbincangan di media sosial karena diprediksi akan mengguncang Indonesia yang berpotensi menyebabkan tsunami.

Gempa megathrust merupakan gempa bumi yang terjadi karena pertemuan antar lempeng tektonik bumi di zona subduksi, yaitu suatu wilayah dimana salah satu lempeng tektonik bumi terdorong ke bawah lempeng tektonik lainnya biasanya ada di lautan.

Kedua lempeng tersebut terus bergerak saling bersinggungan namun menjadi terjebak di tempat mereka bersentuhan, sehingga membuat adanya penumpukan regangan melebihi gesekan antara dua lempeng dan terjadinya gempa megathrust. Gempa dalam skala besar di laut kemudian memicu tsunami.

Melansir dari laman Earthquakescanada Pemerintah Kanada, terdapat beberapa hal yang menandakan bahwa telah terjadinya gempa bumi diantaranya tenggelamnya pantai luar secara tiba-tiba, ketika terjadi gempa megathrust akan mematikan tumbuh-tumbuhan yang dapat dihitung usianya, tanah longsor bawah laut dari landas kontinen menuju ke laut dalam. Endapan longsor ini dapat dikenali dari sampel inti yang diambil dari dasar laut.

Bahkan, gempa megathrust terbilang memiliki dampak yang dapat merusak bangunan yang besar di suatu area. Hal ini lantaran gempa megathrust bisa mencapai lebih dari berkekuatan 7 hingga 8 magnitudo. Durasi guncangan untuk gempa megathrust jauh lebih lama daripada gempabumi biasa, bahkan bisa memakan waktu beberapa menit.

Selain itu, gerakan dorong gempa megathrust menyebabkan pergerakan vertikal besar di dasar laut, yang dapat memindahkan sejumlah besar air yang bergerak dari gerakan bawah laut sebagai tsunami.

Gempa megathrust tidak terjadi terlalu sering, namun waktu tepat kapan terjadinya tidak teratur dan tidak bisa diprediksi. Perubahan bentuk kerak dalam pola gempabumi megathrust ini dapat dideteksi melalui pengukuran geodesi yang sangat cermat menggunakan satelit pemosisian global dan pengukuran jarak.

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024