Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengungkapkan perundingan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Uni Eropa atau Indonesia - EU Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU CEPA) akan diselesaikan sebelum pergantian pemerintahan pada Oktober 2024.

"IEU CEPA akan kita selesaikan," ujar Zulkifli Hasan di Jakarta, Rabu.

Perundingan IEU-CEPA bertujuan untuk membuka perdagangan antara Indonesia dan Uni Eropa.

Kedua belah pihak akan diuntungkan secara ekonomi melalui peningkatan produk domestik bruto (PDB) riil.

Sebagai informasi, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia dan Uni Eropa (UE) telah sampai pada tahap finalisasi perundingan Indonesia—European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU CEPA).

Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Uni Eropa itu telah sampai pada tahap finalisasi penyusunan undang-undang IEU CEPA.

Isu yang dibahas di antaranya perdagangan barang, ketentuan asal barang, perdagangan jasa, pengamanan perdagangan, investasi, pengadaan pemerintah, transparansi dan praktik penyusunan regulasi, penyelesaian sengketa.

Kemudian ketentuan institusional, hak kekayaan intelektual, badan usaha milik negara, kerja sama ekonomi dan peningkatan kapasitas, sistem pengadilan investasi, subsidi, kebijakan anti-fraud, energi dan bahan mentah, usaha kecil dan menengah, serta hambatan teknis perdagangan.

Pada 2022, total perdagangan Indonesia-UE tercatat sebesar 33,2 miliar dolar AS. Pada periode tersebut, ekspor Indonesia ke UE tercatat sebesar 21,5 miliar dolar AS, sedangkan impor Indonesia dari UE sebesar 11,7 miliar dolar AS.

Komoditas ekspor andalan Indonesia ke UE pada 2022 adalah minyak kelapa sawit dan fraksinya, asam lemak monokarboksilat industri, batu bara, tembaga, dan alas kaki dengan bagian atas terbuat dari bahan kulit.

Sementara impor utama Indonesia dari EU pada 2022 adalah pipa dari besi dan baja, obat-obatan, vaksin, mesin pembuat bubur kertas, serta kertas atau karton daur ulang.

Baca juga: Mendag sebut IEU CEPA selesai sebelum Oktober 2024
Baca juga: RI-Uni Eropa telah sepakati 11 isu dalam perundingan ke-18 IEU-CEPA
Baca juga: Mendag: Tiongkok sebut RI punya semua persyaratan jadi negara maju

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024