mengajak jajarannya merenung kembali masa-masa perjuangan di tahun 1945 lalu
Jakarta (ANTARA) -
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Karyoto menyebut Hari Juang Polri sebagai pengingat  pengabdian terbaik polisi bagi bangsa dan negara.

"Yang perlu dipetik dalam peringatan ini, untuk menggugah semangat dalam memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa,” ucap Karyoto saat memimpin upacara Hari Juang Polri yang dilaksanakan di lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Rabu.
 
Karyoto mengungkapkan Hari Juang yang diperingati pada hari ini telah ditetapkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam peraturan Kapolri Nomor 95/I/2024 tentang Hari Juang Polri tanggal 22 Januari 2024.
 
Kemudian, sesuai Keputusan Kapolri Nomor: KEP/1325/VIII/2024 tanggal 12 Agustus 2024 tentang Tata Upacara Hari Juang Polri.
 
“Proklamasi Polisi, untuk bersatu dengan rakyat dalam perjuangan mempertahankan Proklamasi 17 Agustus 1945, dengan ini menyatakan Polisi sebagai Polisi Repoeblik Indonesia. Surabaya, 21 Agustus 1945. Atas nama seluruh warga Polisi, Moehamad Jasin, Inspektur Polisi Kelas I,” ucap Karyoto saat membacakan naskah.
 
Karyoto mengingatkan  Hari Juang Polisi merupakan momentum penting pemicu semangat Polisi untuk melucuti senjata Jepang dan melakukan perlawanan terhadap sekutu ketika itu.
 
Setelah peristiwa itu, kata Karyoto, menjadi pemicu perjuangan di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulawesi, Jambi, Palembang, Jakarta, Jawa Barat, dan Yogyakarta.
 
“Peristiwa ini berpengaruh kepada perjuangan daerah di Aceh, Sumut, Sumbar, Sulawesi, Jambi, Palembang, Jakarta, Jawa Barat, dan Yogyakarta,” Jelasnya.
 
Karyoto mengajak jajarannya merenung kembali masa-masa perjuangan di tahun 1945 lalu. Ketika itu para pahlawan berjuang untuk kemerdekaan dan mengobarkan jiwa dan raga.
 
“Kobarkan, itu adalah semangat perjuangan para pendahulu kita. Khususnya anggota Polisi Istimewa di Surabaya,” katanya.
 
Sementara tema yang diangkat tahun ini "Dengan Semangat Hari Juang Polri yang Presisi siap mengabdi demi terwujudnya Indonesia Emas 2045".
Baca juga: Kapolri: Hari Juang Polri jadi semangat generasi muda hadapi tantangan
Baca juga: Kapolri berpesan agar Hari Juang jadi momentum beri pengabdian terbaik
Baca juga: Kapolri ajak kobarkan semangat dan tekad baru dalam rangka HUT RI

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024