Saya tekankan agar para pimpinan dapat memahami kebutuhan prajurit, baik untuk kebutuhan latihan, penugasan operasi dan peningkatan kesejahteraan prajurit, serta membantu masyarakat
Denpasar (ANTARA) -
Mayor Jenderal TNI Muhammad Zamroni resmi dikukuhkan menjadi Panglima Komando Daerah Militer IX/Udayana menggantikan Mayjen TNI Bambang Trisnohadi.
 
"Pengukuhan jabatan Pangdam Udayana telah dilakukan melalui acara serah terima jabatan yang digelar di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta pada Selasa (20/8) lalu," kata Kapendam Udayana Kolonel Inf Agung Udayana di Denpasar, Rabu.

Ia mengatakan Mayjen TNI Bambang Trisnohadi telah menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana sejak bulan Maret 2024, lalu selanjutnya melaksanakan tugas sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III yang bermarkas di Timika, Papua sejak pertengahan Agustus 2024.
 
"Penggantinya di Kodam Udayana, Mayjen TNI Muhammad Zamroni merupakan lulusan Akmil 1990 yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pusat kesenjataan Kavaleri (Danpussenkav) di Bandung, Jawa Barat," kata Kapendam.
 
Setelah Sertijab di Mabesad, Mayjen TNI Muhammad Zamroni selanjutnya akan melaksanakan berbagai rangkaian tradisi dan penyambutan sebagai Pangdam IX/Udayana, sampai acara puncaknya melaksanakan pisah sambut di Makodam IX/Udayana pada 23 Agustus 2024.

Baca juga: Pangdam Udayana terima kunjungan Angkatan Darat Australia
 
Sebelumnya, dalam amanatnya saat memimpin acara Sertijab di Jakarta (20/8), Kepala Staf TNI AD (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengatakan serah terima jabatan di lingkungan TNI AD ini merupakan kebutuhan organisasi yang dinamis dihadapkan dengan perkembangan lingkungan strategis.
 
Selaku Kasad maupun pribadi, dirinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pejabat lama yang telah memberikan kontribusi besar bagi kemajuan TNI Angkatan Darat.
 
"Saya tekankan agar para pimpinan dapat memahami kebutuhan prajurit baik untuk kebutuhan latihan, penugasan operasi dan peningkatan kesejahteraan prajurit, serta membantu masyarakat," kata Kasad.
 
Jenderal Maruli Simanjuntak berharap kepada pejabat baru untuk selalu mengembangkan inovasi dan kreativitas dalam memajukan satuan dan peningkatan profesionalitas personel yang mengawaki satuannya maupun membantu berbagai kesulitan masyarakat melalui kegiatan teritorial.
 
"Mudah-mudahan di tempat yang baru bisa membuat hal-hal yang baik bagi anggota dan memajukan TNI Angkatan Darat," katanya.
 

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024