Jakarta (ANTARA) - Ikatan Pencinta Batik Nusantara kembali mengadakan pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara untuk mencari duta promosi batik sebagai warisan budaya Indonesia.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nia Niscaya mendukung penyelenggaraan Pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara (PPBN), yang tahun ini memasuki tahun ke-10 penyelenggaraan.

"Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara atau PPBN terus konsisten menjadi ajang kompetisi yang bertujuan mencari duta atau representatif yang mempromosikan batik sebagai warisan budaya Indonesia," kata Nia Niscaya sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian di Jakarta, Rabu.

Ketua Umum Ikatan Pencinta Batik Nusantara (IPBN) Ayu Dyah Pasha saat menghadiri acara "The Weekly Brief With Sandi Uno" via daring pada Senin (19/8) mengatakan bahwa organisasinya ingin memperkenalkan batik kepada generasi muda dan mendukung upaya pelestarian batik. 

"Karena itu wadah pertama yang dilakukan Ikatan Pencinta Batik Nusantara yang diinisiasi oleh DR Sapta Nirwandar dan didirikan bersama Tantie Koestantia pada tahun 2011 adalah menggelar Pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara, karena batik harus lestari dan tidak boleh lekang oleh perkembangan zaman ataupun teknologi," katanya.

Baca juga: IPBN seleksi Putra Putri Batik Nusantara untuk kembangkan budaya batik

Baca juga: PERPINA gelar Anugerah Batik untuk kenalkan budaya Indonesia kepada anak


Ketua Harian IPBN Bayu Adhitama selaku direktur kreatif Pemilihan PPBN 2024 menyampaikan bahwa pendaftaran peserta Pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara 2024 dibuka dari 13 Agustus hingga 15 September.

Bayu menjelaskan bahwa ajang ini ditujukan untuk mencari generasi muda berbakat yang aktif di media sosial serta memiliki kemauan dan kemampuan menjadi agen promosi batik nusantara di media sosial.

"Tidak melulu harus influencer, tapi setidaknya dapat merepresentasikan generasi muda yang bebas narkoba, bermoral, dan berkepribadian Indonesia, serta memiliki kapasitas untuk bekerja nyata baik itu di dalam maupun di luar negeri dalam mengenalkan, mempromosikan, dan melestarikan batik melalui program-program dari PPBN yang nantinya bekerja sama dengan berbagai pihak," katanya.

Dia menyampaikan bahwa Pemilihan PPBN juga mencakup penilaian kemampuan berorganisasi, kepemimpinan, pengetahuan budaya, dan karya kreatif.

Baca juga: Batik dan songket Indonesia ditampilkan di Italia

Baca juga: Perwakilan anak Indonesia kenalkan batik di ASEAN-China Center

 

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024