Jakarta (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memperkuat kolaborasi untuk menggaungkan informasi terkait pelaksanaan PON Aceh-Sumut 2024 ke seluruh masyarakat di semua wilayah tanah air.

“Kami ingin menjadikan PON XXI Aceh-Sumut 2024 sebagai multievent olahraga terbesar yang dirasakan semua elemen masyarakat Indonesia yang akan dihadiri Presiden RI Bapak Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin di akhir masa baktinya," ujar Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman melalui laman resmi KONI yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Marciano telah menggelar pertemuan dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi dan jajarannya untuk untuk menyamakan persepsi dan memperkuat komitmen menyukseskan PON yang untuk pertama kalinya digelar di dua provinsi yaitu Aceh dan Sumatera Utara.

PON kali ini, kata dia, ajang yang sangat strategis karena menjadi momentum perpisahan masyarakat Indonesia dengan masa bakti kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Selain itu, juga untuk mempersatukan masyarakat Indonesia pada tahun Pemilu.

Marciano menambahkan, PON kali ini juga merupakan yang terbesar (dibandingkan PON-PON sebelumnya) karena pertama kali diikuti kontingen terbanyak yakni 39 provinsi termasuk Ibu Kota Nusantara.

Para atlet, kata dia, akan bertanding di 65 cabang olahraga yang tersebar di Aceh sebanyak 33 cabang olahraga dengan 42 disiplin yang melibatkan 6.287 atlet dan 3.158 ofisial. Sedangkan di Sumatera Utara mempertandingkan 34 cabang olahraga dengan 46 disiplin yang melibatkan 6.618 atlet dan 3.320 ofisial.

Para atlet berlaga pada 1.042 nomor pertandingan yang digelar 10 kabupaten/kota baik di Aceh maupun Sumatera Utara.

Baca juga: Menpora minta terus dilapori tentang kesiapan PON 2024

Dalam pertemuan itu, Marciano juga meminta dukungan Kemenkominfo terkait kebutuhan jaringan telekomunikasi karena masih ada masalah di wilayah Sumatera Utara.

Menanggapi permintaan itu, Menteri Budi Arie Setiadi pun menugaskan jajaran terkait untuk membantu menyiapkan jaringan maupun mendukung publikasi lainnya seperti Media Center, penyebaran informasi dan sebagainya.

"Ini (PON Aceh-Sumut 2024) gaungnya harus nasional," tegas Budi.

Baca juga: Sambut PON, FISI gelar kejurnas ice skating yang diikuti 40 atlet
Baca juga: Gubernur Sumut ajak konjen negara sahabat sukseskan PON 2024


Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024