Jakarta (ANTARA) - Bus Wisata Jakarta atau Bus Jakarta Explorer merupakan armada gratis yang dikelola oleh PT Transportasi Jakarta sebagai sarana transportasi bagi wisatawan atau pengunjung yang ingin mengeksplorasi objek wisata utama di kota Jakarta.

Biasanya, bus tingkat (double decker) ini menawarkan rute yang mencakup tempat-tempat wisata populer di antaranya Monas, Kota Tua, Museum Nasional hingga ke ujung Jakarta Utara di Ancol.

Sebagai pengunjung Anda dapat dengan mudah naik dan turun di berbagai halte, memungkinkan Anda untuk mengeksplorasi berbagai objek wisata utama dengan lebih mendalam sebelum melanjutkan ke destinasi berikutnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami rute dari bus wisata Jakarta yang beroperasi agar Anda dapat merencanakan perjalanan dengan baik dan memanfaatkan waktu Anda seefisien mungkin.

Saat ini bus wisata Jakarta memiliki empat rute wisata yang beroperasi dan berbeda berdasarkan tema destinasinya, yaitu bus wisata BW1: Sejarah Jakarta (History of Jakarta), BW2: Jakarta Baru (Jakarta Modern), BW4: Pencakar Langit (Jakarta Skyscrapers), BW9: Kota Tua – Pondok Indah Kapuk. Rute lainnya dikatakan masih menjalani revitalisasi.

Berikut ini adalah rute perjalanan dan cara menggunakan bus wisata Jakarta untuk mempermudah Anda menjelajahi kota, melansir situs resmi transjakarta:

Rute bus wisata Jakarta


1. BW1: Sejarah Jakarta (History of Jakarta)
Waktu Operasional: Senin – Sabtu (10:00 – 18:00 WIB), Minggu (09:00 – 19:00)
Rute Perjalanan: (Juanda Istiqlal – Museum Bank Indonesia – Kali Besar Barat 1)

2. BW2: Jakarta Baru (Jakarta Modern)
Waktu Operasional: Senin – Sabtu (10:00 – 18:00 WIB), Minggu (02:00 – 19:00)
Rute Perjalanan: (IRTI – Balai Kota 1 – Perpustakaan Nasional – DPRD DKI Jakarta – Tugu Tani 2 – Gambir 2 – Juanda Istiqlal – Monas 1 – Monas 2 – Monas 3)

3. BW4: Pencakar Langit (Jakarta Skyscrapers)
Waktu Operasional: Senin – Jumat (06:00 – 17:00 WIB), Sabtu (10:00 - 17:00 WIB) Minggu (12:00 – 19:00 WIB)
Rute Perjalanan: (IRTI – Balai Kota 1 – M.H.Thamrin 1 – Wisma Nusantara – Tosari 1 – Dukuh Atas 3 – Karet Sudirman 1 – Gelora Bung Karno 1 - Bundaran Senayan 3 – FX Sudirman – GBK Pintu 7 – Tosari 2 – Plaza Indonesia – M.H.Thamrin 2 – Museum Nasional – Pecenongan 1 – Pasar Baru Gedung Kesenian Jakarta – Monas 1 – Monas 3)

4. BW9: Kota Tua – PIK (Pantai Indah Kapuk)
Waktu Operasional: Senin – Minggu (10:00 – 17:00 WIB)
• Rute Perjalanan: ( Kali Besar Barat 1 – Buddha Tzu Chi – Gold Coast – Food Street – PIK 2 Pantjoroan – Melody Golf – Pantai Maju – Melody Golf 2 – Seberang Food Street – The Piano – Fresh Market PIK – PIK Avenue

Cara menggunakan bus wisata Jakarta

1. Cek jadwal dan rute
Periksa keberangkatan dan peta rute bus wisata Jakarta yang tersedia di situs resmi Transjakarta dan di pusat informasi di halte

2. Temukan halte
Identifikasi halte yang menyediakan pemberhentian dan keberangkatan bus wisata Jakarta. Sebagian besar bus wisata Jakarta ini berangkat dari Halte Balai Kota atau IRTI Monas.

3. Siapkan kartu uang elektronik
Pengunjung diharuskan untuk tap in dan tap out saat keluar. Meskipun, saldo kartu uang elektronik tidak akan terpotong.

4. Naik bus di halte
Tiba di halte dan telah mempersiapkan uang elektronik serta tujuan. Naik ke bus jika sudah tiba dengan duduk di kursi yang sudah disediakan, bus wisata ini terdiri dari dua tingkat, sehingga pengunjung bisa duduk di atas atau di bawah untuk menikmati perjalanan.

5. Tiba di lokasi tujuan 
Turun dengan tertib di halte tujuan Anda. Kemudian Anda bisa menjelajahi tempat dengan leluasa dan bisa melanjutkan pemberhentian berikutnya apabila Anda ingin berpergian lagi. Bagi Anda yang hanya ingin berkeliling saja, bisa ikut kembali ke Halte Balai Kota atau IRTI Monas.

Baca juga: TransJakarta hadirkan rute baru bus wisata Monas Explorer

Baca juga: Bus wisata "Denok Kenang" Semarang diminati pengunjung luar daerah

Baca juga: Bus wisata Transjakarta beroperasi tiap hari selama libur akhir tahun


Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024