Dalam rangka Hari Kemerdekaan Singapura ke-59, pakar intralogistik ini mengapresiasi kontribusi mitra-mitra domestik dalam mendukung status negara ini sebagai pusat logistik terkemuka di dunia sekaligus memperingati hari jadi SSI Schaefer ke-40.

Singapura, (ANTARA/PRNewswire)- Merayakan Hari Kemerdekaan Singapura, SSI Schaefer, pemimpin industri intralogistik dan solusi gudang otomatis global, mengapresiasi kesuksesan berbagai mitranya di Singapura selama bertahun-tahun terakhir. Hal ini juga bertepatan dengan perayaan hari jadi SSI Schaefer ke-40 di Asia Pasifik.

Informasi kerja sama dengan SSI Schaeferinfo.sg@ssi-schaefer.com

Bank Dunia baru saja menempatkan Singapura pada peringkat pertama di dunia dalam Logistics Performance Index 2023. Singapura meraih skor tertinggi dari sisi Infrastruktur. Sebelumnya, Bank Dunia juga menilai, status Singapura sebagai pusat logistik dunia sangat menentukan kesuksesan ekonomi nasionalnya. Pusat-pusat intralogistik--fasilitas penyimpanan dan distribusi--telah menopang infrastruktur Singapura. Lebih lagi, kinerja dan kapasitas pusat intralogistik ini juga berperan besar terhadap rantai pasok dunia, perdagangan internasional, serta pertumbuhan ekonomi.

"Setelah beroperasi selama 40 tahun dari 59 tahun negara ini berdiri, Singapura menjadi lokasi kantor pusat SSI Schaefer di Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika. Kantor ini mengelola 15 lokasi lain di wilayah-wilayah tersebut, serta sebuah pabrik di Simpang Renggam, Malaysia. Sejauh ini, kami telah menyaksikan perkembangan pesat Singapura sebagai pusat rantai pasok global," ujar Sean Lim, Country Head, SSI Schaefer Singapore. "Negara ini mencapai kesuksesan dengan memprioritaskan infrastruktur, serta menyadari bahwa teknologi mutakhir, kinerja terbaik, efisiensi optimal, serta aspek keselamatan kerja yang terjaga ketat merupakan hal-hal yang mutlak dimiliki fasilitas kelas dunia. Kami telah mendapat kehormatan besar untuk menjadi bagian dari hal-hal tersebut selama empat dekade terakhir melalui mitra-mitra domestik dan internasional."

Menyasar perusahaan-perusahaan domestik, tiga kemitraan mencerminkan pengaruh SSI Schaefer dalam perekonomian Singapura.

Supply Chain City™ Milik YCH Group

Sekilas Informasi tentang Proyek:

  • Selesai pada 2018
  • Mencakup luas total 65.000 m2, termasuk gudang dengan rak tinggi (high-bay warehouse)
  • Gudang ramp-up dengan tinggi 50 meter dan lima lantai
  • Lebih dari 66.000 lokasi penyimpanan palet
  • 18 storage-retrieval machines (SRMs) SSI Exyz yang hemat energi
  • Mampu memindahkan 450 palet per jam
  • Kapasitas angkut total 21,6 ton
  • Akses lebih dari 100 loading bay
Dengan teknologi SSI Schaefer, YCH Group, perusahaan terkemuka di Singapura yang menyediakan solusi rantai pasok, membangun pusat logistik kelas dunia yang memperkuat posisi Singapura sebagai pusat rantai pasok yang menghubungkan Asia dengan seluruh dunia. Terletak di Jurong Innovation District, Supply Chain City™ memakai automated storage and retrieval system (ASRS) tipe rack-clad, serta sistem manajemen gudang pintar WAMAS® SSI Schaefer.

Sejak fasilitas ini diluncurkan, YCH telah menjalankan proses otomatis guna menyediakan layanan logistik dengan mutu yang lebih baik sebagai solusi terpadu yang dirancang khusus untuk berbagai perusahaan. Lebih lagi, berkat WAMAS®, visibilitas alur material mempererat kolaborasi dan komunikasi antara setiap pemangku kepentingan dalam rantai pasok, termasuk gudang. 

Tee Yih Jia Food Hub

Sekilas Informasi tentang Proyek:

  • Selesai pada 2022
  • Fasilitas cold storage otomatis, serta gudang dengan rak tinggi dan sistem rack clad yang terbesar di Singapura
  • Fasilitas senilai $450 juta
  • Mencapai luas total 40.000 m2
  • Tiga gudang: dua cold rooms dan satu gudang kering dengan suhu sekitar
  • 100.000 posisi palet rak penyimpanan beku
  • 15 SSI Exyz SRMs
  • Mampu memindahkan 300 palet per jam
Tee Yih Jia Manufacturing Pte Ltd, produsen makanan beku terkemuka, bermitra dengan SSI Schaefer di Tee Yih Jia Food Hub, pabrik dan penyimpanan produk makanan, serta fasilitas distribusi di Senoko. Dengan keahlian cold storage dan rack-clad ASRS SSI Schaefer, Yih Jia sukses menjalankan otomatisasi sehingga meningkatkan efisiensi dan kapasitas rantai pasok secara besar-besaran.

Kolaborasi dengan UKM di Sektor Otomotif dan Industri

Sekilas Informasi tentang Proyek:

  • Selesai pada 2024
  • Mencapai luas total 1.075 m2
Standar ketat dalam aspek keselamatan kerja di Singapura sebagai pusat logistik dunia kadang menjadi tantangan bagi sejumlah perusahaan yang kurang berpengalaman dan memiliki perencanaan lengkap, khususnya UKM. Sebagai penyedia solusi terpadu, SSI Schaefer mengikuti standar keselamatan kerja di Uni Eropa dan Building and Construction Authority (BCA) Singapura. SSI Schaefer juga membantu beberapa UKM Singapura untuk mengajukan izin fasilitas.

Baru-baru ini, SSI Schaefer menerapkan solusi mezzanine yang sesuai dengan standar keamanan struktur BCA dan Uni Eropa ketika berkolaborasi dengan sebuah perusahaan otomotif dan rantai pasok di Defu. Dengan solusi ini, perusahaan tersebut memperluas luas lantai dan memaksimalkan kapasitas penyimpanan sekaligus mewujudkan otomatisasi. Bagi pekerja gudang, solusi mezzanine semakin mempermudah alur kerja.

Informasi lebih lanjut tersedia di situs SSI Schaefer yang telah diperbarui https://www.ssi-schaefer.com/en-asia

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024