Jakarta (ANTARA) - Dalam Islam, kalimat syahadat merupakan kesaksian seorang muslim yang menyakini Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan dan menaati ajaran Nabi Muhammad SAW sebagai rasul.

Rukun Islam yang pertama adalah mengucapkan dua kalimat syahadat. Dua kalimat itu juga menjadi bukti kesaksian seorang muslim dalam memeluk agama Islam.
 
Seorang muslim wajib taat terhadap hukum-hukum yang terdapat dalam agama Islam, hanya menyembah dan percaya terhadap Allah SWT, serta mengikuti risalah yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.

Allah berfirman yang terdapat dalam Alquran pada Surah Al Anbiya ayat 25.

وَمَآ اَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ مِنْ رَّسُوْلٍ اِلَّا نُوْحِيْٓ اِلَيْهِ اَنَّهٗ لَآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنَا۠ فَاعْبُدُوْنِ
Artinya: "Dan Kami tidak mengutus seorang rasul pun sebelum engkau (Muhammad), melainkan Kami wahyukan kepadanya, bahwa tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Aku, maka sembahlah Aku."
 
Syahadat tidak hanya diucapkan saat seseorang untuk masuk agama Islam, tetapi juga digunakan dalam hal lain, seperti dalam shalat lima waktu, ketika memberikan khutbah Jumat, dan berdzikir.
 
Syahadat juga diucapkan dalam kondisi kritis seperti ketika seseorang mendekati ajalnya, dengan berharap akhir hidupnya tetap memiliki keyakinan terhadap Islam yang kuat. 
 
Bagi umat muslim, penting untuk mengetahui kalimat syahadat. Berikut ini adalah bacaan syahadat dan penulisan Arab serta latin, agar mudah dibaca dan hafal.
 
Bacaan syahadat
 
Syahadat tauhid
 
أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ

Asyhadu alaa ilaaha illallaahu

Artinya: "Aku bersaksi bahwa tiada Tuan selain Allah."
 
Syahadat rasul

وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ الله
Wa asyhadu anna muhammadar rasuulullah.
 
Artinya: "Dan aku bersaksi, sesungguhnya Muhammad utusan Allah."
 
Syahadat

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah
Artinya: "Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah."
 
Itulah bacaan syahadat dan penulisan Arab serta latin. Dengan mengucapkan syahadat, seorang Muslim yakin secara lisan dan hati terhadap Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW, serta mengamalkan ibadah agama Islam dengan taat dan ikhlas.
 

Baca juga: Pengertian dan makna dua kalimat syahadat

Baca juga: Kenapa menikah harus baca Syahadat?

Baca juga: Memahami keutamaan syahadat dan waktu yang tepat untuk melafalkannya
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024