Jakarta (ANTARA) - Eks penyerang Manchester City Clive Allen menilai pemain muda berusia 19 tahun Rico Lewis merupakan aset penting bagi klub berjuluk "The Citizens" itu.

"Tidak hanya sebagai bek kanan, dia juga dapat bermain di beberapa posisi. Dia aset yang masif untuk skuad," ujar Allen, dikutip dari laman resmi Manchester City di Jakarta, Selasa.

Eks pesepak bola yang memperkuat City pada periode 1989-1991 itu menyebut, Rico Lewis mampu memperlihatkan bakat dan kemampuannya ketika dipercaya bermain.

Hal itu tampak saat Lewis turun selama 90 menit pada laga perdana Manchester City di Liga Inggris 2024-2025 kontra tuan rumah Chelsea. Pada pertandingan tersebut, dia tampil impresif dan membawa City menang 2-0.

"Anda bisa melihat manajer (Pep Guardiola-red) yang mengapresiasi tidak cuma performanya tetapi juga apa yang diberikannya untuk tim," kata Allen.

Baca juga: Pep Guardiola sanjung kinerja pemain muda Man City Rico Lewis

Rico Lewis merupakan pemain belia Inggris yang bersinar setelah digembleng Manchester City sejak dari akademi.

Sejak dipromosikan ke tim senior Manchester City pada musim 2022-2023 hingga saat ini, Lewis total sudah bermain di 52 pertandingan dan membuat tiga gol.

Sementara terkait penampilan Manchester City sebagai tim di Liga Inggris 2024-2025, Clive Allen menyebutnya luar biasa.

Menurut dia, City berhasil mengeratkan hubungan mereka sebagai satu kesatuan dan terus bekerja sama untuk tim.

"Setiap pemain mengerjakan tugasnya dengan baik. Selain itu, hubungan mereka dengan suporter juga nyata. City menunjukkan konsistensi. Melihat laga awal mereka di liga, manajer tersenyum lantaran dia bahagia dengan hasilnya," tutur Allen.

Berikutnya di pekan kedua Liga Inggris 2024-2025, Manchester City akan menjamu tim promosi Ipswich Town di Stadion Etihad, Sabtu (24/8).

Sebelum pertandingan itu, Ipswich Town tumbang 0-2 di kandang sendiri dari Liverpool.

"Sungguh awal liga yang berat bagi Ipswich Town. Setelah berlaga melawan Liverpool, mereka bersua City. Namun saya yakin mereka akan mengejutkan beberapa tim di liga," ujar Allen.

Baca juga: Jadwal Liga Inggris: dibuka laga MU vs Fulham hingga Chelsea vs City
Baca juga: Pep ingin Gundogan kembali ke Manchester City


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024