Jakarta (ANTARA) - Mahasiswa Indonesia di University of Sydney, Australia menjadikan perayaan HUT RI-79 sebagai ajang untuk mempererat tali kebersamaan antar mahasiswa sekaligus mempromosikan semangat kolaborasi dalam memperkuat persaudaraan dan identitas kebangsaan di tanah rantau.

"Acara ini tidak hanya merayakan hari bersejarah bagi bangsa kita, tetapi juga menegaskan pentingnya semangat kebersamaan dan kolaborasi di antara kami, mahasiswa Indonesia di luar negeri. Dengan bersatu, kami yakin dapat memberikan kontribusi positif bagi komunitas kami di sini, sekaligus tetap menjaga nilai-nilai kebangsaan yang kami junjung tinggi," kata perwakilan Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) University of Sydney, Clifford Suryana.

Menurut siaran pers PPI yang diterima di Jakarta, Selasa, lebih dari 120 mahasiswa Indonesia di University of Sydney berkumpul dalam acara bertajuk "Independence Day: Celebrate, Connect, Collaborate" di Jane Foss Russell Plaza, University of Sydney di Australia pada 18 Agustus.

Acara tersebut dibuka oleh perwakilan International Development and Sponsorships Manager University of Sydney, Anna Kirkham dan sejumlah perwakilan dari organisasi mahasiswa Indonesia.

Berbagai perlombaan diselenggarakan guna menampilkan keberagaman budaya nusantara sekaligus mengenalkan Indonesia di Australia. Berbagai hidangan khas Indonesia juga disajikan untuk mengobati rasa rindu terhadap tanah air, menurut pernyataan tersebut.

Selain merayakan peringatan HUT RI, mahasiswa Indonesia juga memanfaatkan acara tersebut untuk memperluas jaringan sosial dan saling mengenal satu sama lain, sehingga dapat berbagi pengalaman, tantangan dan ide-ide inovatif dalam menjalani kehidupan sebagai pelajar internasional di Australia.

Melalui acara tersebut para peserta didorong untuk bekerja sama dalam merancang inisiatif-inisiatif yang berdampak positif bagi komunitas mahasiswa Indonesia di Sydney.

"Independence Day: Celebrate, Connect, Collaborate" terlaksana atas kerja sama dari berbagai organisasi mahasiswa Indonesia di University of Sydney, mulai dari Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA), Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP), Australia Award Indonesia (AAI), Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Beasiswa Indonesia Maju (BIM) dan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) chapter University of Sydney.

Diharapkan melalui acara tersebut, semangat nasionalisme dan kebersamaan di antara para mahasiswa semakin kuat dan mempererat hubungan Indonesia-Australia melalui kolaborasi antara generasi muda kedua negara.

Baca juga: Kemlu soroti peran vital mahasiswa dalam hubungan Indonesia-Australia
Baca juga: Organisasi mahasiswa Australia kolaborasi rayakan HUT Kemerdekaan RI

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024