Jakarta (ANTARA) - Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil memiliki gagasan satu kecamatan satu arsitek sebagai salah satu upaya penataan kawasan kumuh yang ada di Jakarta.
 
"Saya punya gagasan satu kecamatan satu arsitek, sehingga yang keren tidak hanya Sudirman-Thamrin," kata Ridwan Kamil di M Bloc Space Jakarta Selatan, Selasa.
 
Ridwan mengatakan hal itu dalam kegiatan yang diselenggarakan Ruang Muda bertemakan "Harapan Anak Muda untuk Pemerintahan Baru".
 
Dia berharap nantinya jika menjadi Gubernur terpilih, maka akan menugaskan setiap arsitek dari lembaga profesional untuk bekerja di kecamatan.
 
Salah satu tugas para arsitek kecamatan yakni untuk membereskan kawasan kumuh hingga penataan trotoar.
 
Selama lima tahun kepemimpinan nanti, diharapkan kawasan kumuh di Jakarta menjadi teratasi dengan solusi.
 
"Jangan dikit-dikit semuanya harus gubernur, karena visi saya bereskan masalah itu, satu harus desentralisasi," ujarnya.
 
Dia menilai satu kecamatan satu arsitek merupakan satu inovasi yang dihadirkan untuk membereskan masalah-masalah.
   
Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil (RK) meminta dipanggil "Bang Emil" untuk menyesuaikan karakter masyarakat Jakarta menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI tahun ini.
 
Sebanyak 12 partai politik secara resmi menandatangani piagam dukungan untuk mengusung Ridwan Kamil-Suswono sebagai bakal pasangan calon pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta 2024 pada Senin (18/8).
 
Partai tersebut adalah Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Perindo dan Partai Persatuan Pembangunan.
 
Mereka menyatakan 12 partai politik itu tergabung dalam Koalisi Jakarta Baru untuk Jakarta Maju.
 
Dalam deklarasi itu, dia telah menyiapkan solusi teknis untuk mengatasi banjir hingga polusi udara di Jakarta sebagai janjinya jika memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.
 
Kemudian, masalah lainnya seperti polusi, pekerja stres karena mobilitas yang tidak produktif serta rumah dan tempat kerja berjauhan.

Baca juga: PKS tegaskan sikap dukung RK di Pilgub DKI Jakarta

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024