Pemprov Gorontalo dan Pemkab Bone Bolango telah siap, lewat DPRD Provinsi Gorontalo juga telah siap mencadangkan anggaran 2025 untuk Peransaka
Gorontalo (ANTARA) - Provinsi Gorontalo bersiap diri menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan Peransaka Nasional Tahun 2025, kata Ketua Kwartir Daerah Gorontalo Sofyan Puhi.

"Gorontalo telah siap menjadi tuan rumah untuk Peransaka 2025. Tentu dipercayakan menjadi tuan rumah, tidaklah mudah sebab kita berjuang di Munas kemarin," katanya pada apel besar Gerakan Pramuka ke-63 tingkat Kwarda Pramuka Gorontalo Tahun 2024, di lapangan Alun-Alun Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Selasa.

Menurutnya persiapan Gorontalo menjadi tuan rumah ini, juga ditandai dengan membunyikan sirene oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin didampingi Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Mayjen TNI Mar. (Purn) Yuniar Ludfi, serta Bupati Bone Bolango Merlan Uloli dan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Bone Bolango Lolly Pou Junus.

"Kami juga telah melakukan koordinasi dengan Forkopimda serta pihak lainnya agar perhelatan berjalan dengan baik," kata Sofyan.

Baca juga: Pemkab Bogor pecahkan 3 rekor MURI di puncak peringatan Hari Pramuka
Baca juga: Pemkab gelar kemah budaya peringati HUT RI


Peransaka adalah perkemahan antar Satuan Karya Pramuka baik penegak dan pandega yang menjadi anggotanya.

Gorontalo telah ditunjuk dalam Musyawarah Nasional ke-XI yang dilaksanakan di Banda Aceh pada bulan Desember Tahun 2023 lalu.

Untuk itu, melalui pelaksanaan Kemah Bela Negara yang saat ini juga dilaksanakan di seluruh Indonesia diharapkan menjadi bahan memonitor dan evaluasi untuk persiapan Peransaka di Gorontalo nanti.

Ketua Panitia Kemah Bela Negara itu juga meyakini Gorontalo layak untuk menjadi pelaksana kegiatan Pramuka berskala nasional tersebut.

"Kami harapkan semua pihak bisa menyemangati kita agar mampu merencanakan dengan baik pelaksanaan kegiatan Peransaka 2025 nanti. Waktunya akan kita sesuaikan tapi yang pasti Pemprov Gorontalo dan Pemkab Bone Bolango telah siap, lewat DPRD Provinsi Gorontalo juga telah siap mencadangkan anggaran 2025 untuk Peransaka," kata Sofyan.

Kemah Bela Negara di Bone Bolango dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI Ke-79 untuk menyemangati generasi muda agar semakin mencintai NKRI. Kegiatan tersebut akan berlangsung hingga 25 Agustus 2024.

Baca juga: Pramuka Kwarcab MBD: Pramuka wadah bangkitkan nasionalisme
Baca juga: KND: Pramuka perlu formulasi lebih inklusif ikut sertakan disabilitas

Baca juga: Kwarnas: "Life skill" Pramuka cegah judi online hingga perundungan
 

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024