Dari training ini diharapkan, petugas satuan keamanan KAI Services dapat memiliki sikap yang tegas namun tetap humanis serta dapat melayani dengan hati
Jakarta (ANTARA) - KAI Services meningkatkan kapasitas petugas satuan keamanan PAM KAI Commuter untuk memberikan layanan yang optimal kepada penumpang kereta serta memastikan keamanan dan kenyamanan dalam setiap perjalanan.

Vice President Corporate Secretary KAI Services Rachman Firhan mengatakan upaya peningkatan kapasitas petugas satuan keamanan PAM KAI Commuter dilakukan dengan pelatihan.

"Untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan penumpang ketika berada di stasiun dan di dalam KRL, KAI Services menggelar kegiatan training hospitality petugas satuan keamanan PAM KAI Commuter," kata Firhan dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Dia menyampaikan, pelatihan diikuti oleh peserta yang merupakan petugas satuan keamanan PAM KAI Commuter yang sehari-hari bertugas di lingkungan Branch Office 1. Pelatihan  dilakukan di ruang Auditorium Kantor Pusat KAI Services, Stasiung Mangga Besar, Jakarta.

Firhan menuturkan bahwa dalam training tersebut, para peserta diajarkan bagaimana cara bersikap dengan baik dan sopan kepada setiap penumpang baik di stasiun maupun ketika berada di KRL.

"Peserta diajarkan materi personal seperti attitude, body language, appearance, communication, dan knowledge," ujarnya.

Tidak hanya teori, lanjut Firhan, para peserta juga diajak untuk melakukan praktek langsung oleh tim hospitality kantor pusat KAI Services bagaimana cara senyum yang baik dan sopan serta melakukan salam sapa kepada penumpang dengan kedua tangan di dada.

Selain itu, para petugas satuan keamanan ini diajarkan bagaimana mengucapkan terima kasih yang sopan kepada penumpang.

Para petugas satuan keamanan juga diingatkan untuk selalu mengucapkan magic words saat berkomunikasi seperti permisi, tolong, bolehkah saya, mohon maaf, dan terima kasih.

Menurut Firhan, training satuan keamanan KAI Services ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada para penumpang.

Ia berharap, dari training tersebut para petugas satuan keamanan KAI Services mengetahui bagaimana bersikap yang baik dan sopan terhadap penumpang KRL dan memiliki attitude yang baik dalam memberikan pelayanan.

"Dari training ini diharapkan, petugas satuan keamanan KAI Services dapat memiliki sikap yang tegas namun tetap humanis serta dapat melayani dengan hati kepada setiap penumpang KRL.” ujar Firhan.

Training hospitality dilakukan selama dua hari mulai 20-21 Agustus 2024, diikuti 95 petugas satuan keamanan yang bertugas di dalam KRL (PAM Walka) dan petugas satuan keamanan yang bertugas di stasiun (PAM Stasioner).

Baca juga: KAI Commuter angkut 2,5 juta penumpang selama libur panjang
Baca juga: KAI Daop 1 masih berlakukan penyesuaian tarif hingga akhir Agustus


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024