Panen raya ini menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam sektor pertanian di Kecamatan Sebatik...,
Tarakan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dalam hal ini Dinas Pertanian Ketahanan Pangan (DPKP) Kaltara mengapresiasi keberhasilan panen raya bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mamminasae di Pulau Sebatik yang berbatasan dengan Malaysia.


"Keberhasilan panen ini tidak hanya dirayakan oleh petani, tetapi juga oleh seluruh pihak," kata Kepala DPKP Kaltara Heri Rudiyono di Sebatik, Nunukan, Selasa.

Panen raya yang digelar Pemprov Kaltara bersama Gapoktan Mamminasae, Pulau Sebatik, Minggu (18/8) menandai puncak kesuksesan usaha pertanian yang dilakukan kelompok tani.

Ia memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pencapaian Gapoktan Mamminasae.

“Panen raya ini menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam sektor pertanian di Kecamatan Sebatik. Kami berharap pencapaian ini menjadi motivasi bagi kelompok tani lain untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pertanian,” kata Heri.

Dia mengatakan, panen raya tersebut adalah hasil dari dedikasi dan kerja keras para petani di Pulau Sebatik.

"Pemerintah akan terus berkomitmen untuk menyediakan dukungan yang diperlukan, baik dalam bentuk pelatihan, teknologi, maupun akses ke pasar,” terangnya.

Gapoktan Mamminasae, merupakan gabungan dari beberapa kelompok tani, telah menjadi contoh keberhasilan dalam penerapan teknik-teknik pertanian dan manajemen yang efektif.

Keberhasilan panen raya ini diharapkan menjadi motivasi bagi kelompok tani lainnya di Pulau Sebatik untuk terus meningkatkan produksi pertanian mereka.

Dalam rangka memajukan sektor pertanian Heri juga mengumumkan beberapa inisiatif baru, termasuk program pelatihan tambahan untuk petani dan rencana pembuatan sistem pengairan yang lebih banyak dan lebih efisien.

Inisiatif ini diharapkan dapat lebih meningkatkan hasil pertanian dan mendukung kesejahteraan petani di Pulau Sebatik.

Dengan semangat yang ditunjukkan pada acara panen raya ini, diharapkan petani di Pulau Sebatik dapat terus berkembang dan berkontribusi pada ketahanan pangan nasional.

"Acara ini bukan hanya sebuah perayaan hasil kerja keras, tetapi juga langkah maju dalam upaya bersama untuk membangun pertanian yang berkelanjutan dan produktif," katanya.

Kepala Gapoktan Mamminasae Abdul Latif mengatakan bahwa panen raya ini adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi semua anggota Gapoktan Mamminasae.

"Panen raya ini adalah bukti nyata bahwa dengan kolaborasi dan usaha yang sungguh-sungguh, kita bisa mencapai hasil yang gemilang,” kata Abdul Latif.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024