Jakarta (ANTARA) - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Sandi Nugroho mengatakan bahwa Hari Juang Polri yang jatuh  pada Rabu (21/8) bukan hanya untuk mengenang jasa para Polisi Istimewa, namun juga menjadi bahan renungan untuk melanjutkan semangat perjuangan.

“Memperingati Hari Juang Polri, kita tidak hanya mengenang jasa para pahlawan kita, tetapi juga merenungkan bagaimana kita dapat melanjutkan semangat perjuangan mereka dalam konteks yang lebih modern,” kata Sandi dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Mantan Kapolrestabes Surabaya ini menjelaskan bahwa ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meneruskan perjuangan Inspektur Kelas I Mohammad Jasin dan polisi istimewanya, yaitu penguatan institusi Polri dengan menjalankan tugas pokok dan fungsi yang efektif memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Untuk mewujudkan itu, lanjutnya, diperlukan beberapa langkah strategis, yakni peningkatan kapasitas dan kompetensi personel.

“Dengan pendidikan dan pelatihan, anggota Polri bisa menghadapi tantangan keamanan yang berkembang untuk melindungi seluruh lapisan masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, modernisasi dan teknologi juga sangat diperlukan untuk mendukung operasional kepolisian dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Menurutnya, Polri sebagai institusi yang bertanggung jawab atas keamanan dan ketertiban masyarakat, harus terus beradaptasi dan berinovasi untuk menghadapi tantangan zaman.

Terakhir, diperlukan pula kerja sama dan sinergisitas dengan stakeholder, lembaga masyarakat, serta masyarakat.

Menurutnya, Polri tidak dapat bekerja sendiri tanpa bantuan masyarakat untuk memelihara kamtibmas.

“Selain memberikan pelayanan yang cepat, tepat, dan profesional kepada masyarakat, anggota kepolisian juga harus turun ke lapangan mendengarkan dan merespons keluhan serta masukan dari masyarakat dengan cepat dan efektif,” ucapnya.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh personel kepolisian agar memperingati Hari Juang Polri sebagai momentum untuk merenungkan kembali komitmen dalam melayani dan melindungi masyarakat.

“Dengan semangat yang diwariskan oleh para pendahulu kita, mari kita terus berjuang untuk memperkuat institusi Polri dan meningkatkan citra Polri di mata masyarakat” ucapnya.

Diketahui, Polri untuk pertama kalinya memperingati Hari Juang Polri pada Rabu,  21 Agustus 2024. Korps Bhayangkara akan menggelar upacara di Monumen Perjuangan Polri di Kota Surabaya pada pukul 08.00 WIB.

Adapun tanggal 21 Agustus 1945 tercatat sebagai peristiwa bersejarah ketika Inspektur Kelas I Mohammad Jasin membacakan teks Proklamasi Polisi.

Peristiwa tersebut merupakan momentum penting yang memicu semangat anggota polisi untuk mendukung dan mempertahankan kemerdekaan RI dengan cara melakukan perlawanan terhadap kedatangan Sekutu sampai dengan terjadi peristiwa 10 November 1945, dan perlawanan penjajahan Belanda serta Jepang di beberapa daerah.

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024