Pekanbaru, (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menyebut telah memproses pencairan beasiswa untuk 498 mahasiswa berprestasi dan kurang mampu yang disalurkan ke rekening masing-masing penerima.

"Beasiswa Pemkot Pekanbaru sudah dicairkan, Jumat (16/08). Dari laporan, sudah ditransfer semua ke rekening penerima," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakot Pekanbaru, Tri Sepna Saputra, Selasa.

Lebih jauh diungkapkannya, 498 orang yang mendapatkan beasiswa terdiri atas mahasiswa Diploma 3 dan Strata 1 asal Kota Pekanbaru.

Untuk mahasiswa D3 kategori keluarga kurang mampu yang menerima sebanyak 16 orang. Sementara untuk mahasiswa D3 dengan kategori mahasiswa berprestasi non-akademik sebanyak dua orang, dan kategori prestasi akademik sebanyak 57 orang.

Kemudian untuk penerima beasiswa S1 kategori keluarga kurang mampu sebanyak 101 orang. Kategori prestasi non-akademik 35 orang dan kategori prestasi akademik sebanyak 287 orang.

Dikatakannya, untuk mahasiswa D3 mendapatkan beasiswa dari Pemkot Pekanbaru sebesar Rp3 juta. Sementara untuk S1 mendapatkan bantuan sebesar Rp4 juta.

Kabag Kesra menambahkan bahwa peminat beasiswa Pemkot Pekanbaru ini cukup besar. Data terakhir menyebutkan setidaknya sudah ada 2.000-an mahasiswa yang mendaftar untuk mendapatkan beasiswa.

Beasiswa ini dialokasikan untuk mahasiswa D3 dan S1 yang memiliki Kartu Tanda Penduduk Kota Pekanbaru. Beasiswa ini berlaku juga bagi mahasiswa Pekanbaru yang kuliah di luar kota.

Pemkot Pekanbaru pada 2024 ini kembali mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,9 miliar untuk bantuan beasiswa. Bantuan beasiswa sendiri sempat ditiadakan sejak beberapa tahun terakhir, namun kembali bisa diberikan sejak 2023 lalu.

Baca juga: Baznas salurkan dana Rp207 juta untuk mahasiswa Pulau Seribu

Baca juga: Tanoto dan 10 universitas negeri buka beasiswa kepemimpinan mahasiswa

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024