Kami dari KLHK mendorong untuk perluasan aksi-aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di Indonesia dan saat ini kami sangat mendorong untuk aksi-aksi komunitas untuk perubahan iklim
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Noer Adi Wardoyo mendorong dilakukannya aksi-aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di Indonesia.

"Kami dari KLHK mendorong untuk perluasan aksi-aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di Indonesia dan saat ini kami sangat mendorong untuk aksi-aksi komunitas untuk perubahan iklim," kata Noer Adi Wardoyo dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Baca juga: DLHP Papua Barat: Ada 85 kampung masuk Program Kampung Iklim

Pihaknya pun akan menyiapkan sistem registri nasional untuk aksi-aksi tersebut agar bisa didaftarkan.

"Kami menyiapkan sistem registri nasional untuk semua aksi-aksi itu bisa didaftarkan dan juga bisa untuk menjalin jejaring ya, bisa saling kunjung, bisa saling belajar dan di situlah kita menghimpun para pihak pembina membantu aksi-aksi komunitas untuk perubahan iklim ini termasuk yang oleh generasi muda," kata Noer Adi Wardoyo.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika bersama KLHK, ESDM dan juga kementerian/lembaga lainnya berperan aktif menghimpun kekuatan aksi kaum muda, salah satunya melalui Festival Aksi Iklim 2024.

Baca juga: Materi perubahan iklim di kurikulum merdeka memantik aksi nyata siswa

Festival Aksi Iklim Kaum Muda Indonesia 2024 melibatkan kelompok pemuda dari berbagai daerah untuk berpartisipasi dalam aksi nyata terkait perubahan iklim dan bekerja sama dengan berbagai organisasi pemuda dan komunitas untuk memperkuat jaringan dan kolaborasi dalam aksi iklim.

Melalui kegiatan ini, harapannya akan semakin mendorong inovasi dan kolaborasi generasi muda dalam upaya aksi iklim menyelamatkan bumi dan menjadi garda terdepan dalam aksi iklim.

Baca juga: Warga Berdaya meluncurkan inisiatif LaporIklim untuk perubahan iklim

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024