Tokyo (ANTARA) - Keluarga Masyarakat Muslim Indonesia (KMII) Jepang menggelar KMII Championship 2024 sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi antarwarga dengan menggelar berbagai pertandingan olahraga di Tokyo.

Ketua KMII Jepang Zahrul Muttaqin dalam pernyataannya di Tokyo, Selasa, memastikan kegiatan tersebut tidak hanya dalam lingkup warga Muslim tetapi juga merangkul berbagai elemen masyarakat termasuk warga Jepang.

"KMII Championship 2024 ini diinisiasi sebagai sarana untuk meningkatkan ukhuwah antar pegiat dakwah dan kegiatan keislaman di Jepang. Namun demikian dalam pelaksanaannya bersifat inklusif dan semua elemen masyarakat Indonesia bahkan Jepang juga boleh berpartisipasi," ujarnya.

Ke depan, lanjut dia, ajang tersebut diharapkan dapat menjadi sebuah kegiatan olahraga yang secara teratur diselenggarakan dan dapat menjangkau perwakilan elemen masyarakat Islam Indonesia dari ujung utara sampai selatan Jepang.

Penanggung Jawab acara KMII Championship 2024 Fauzan Mukarram menjelaskan berbagai ragam olahraga yang diperlombakan ini bekerja sama dengan mitra KMII Jepang.

Terdapat virtual cycling (Gowes HUT ke-79 RI) yang dibantu oleh kawan-kawan Go-Pro Jepang dan Ping pong Ceria.

Pada September mendatang juga akan digelar kompetisi futsal sebagai bagian dari . rangkaian HUT Kemerdekaan ke-79 RI.

Salah satu lomba, yakni bersepeda virtual (virtual cycling), yakni para pesepeda mengayuh sepeda di trainer stasioner, kemudian yang dikeluarkan dihubungkan melalui komputer ke dalam berbagai program.

Ada tiga kategori lomba yaitu tiga dan lima menit jarak terjauh dan satu menit watt terbesar.

Peserta terdiri dari pekerja magang, perawat, pekerja profesional dan sebagainya.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2024