Kabupaten Tangerang (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS), menyerahkan surat keputusan (SK) persetujuan B1 Parpol KWK kepada pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyid-Intan Nurul Hikmah dalam agenda konsolidasi nasional di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten.

"Alhamdulillah, akhirnya PKS telah mengeluarkan dua surat, yang pertama rekomendasi keputusan dan terakhir ini model B1 KWK, sebagai salah satu persyaratan untuk mendaftarkan diri ke KPU," kata Rasyid di Tangerang, Selasa.

Ia mengatakan, penerimaan surat persetujuan B1 KWK dari partai keadilan sejahtera ini merupakan bentuk komitmen serta keseriusan partai dalam melanjutkan proses pendaftaran pada Pilkada di wilayahnya tersebut.

Rasyid mengaku, selain PKS yang telah menyerahkan surat keputusan dukungan B1 KWK, juga terdapat PKB dan NasDem yang sudah memberikan formulir persetujuan dukungan dirinya bersama Intan untuk Pilkada serentak ini.

"Baru PKB dan PKS, serta NasDem malam ini," ucapnya.

Ia mengungkapkan, setelan semua dokumen dukungan partai lengkap, pihaknya bakal segera melakukan pemenuhan persyaratan untuk pendaftaran ke KPU yang dijadwalkan pada 27 hingga 29 Agustus 2024.

"Nanti kita akan musyawarahkan dengan tim dan dengan partai politik koalisi untuk menentukan kapan kita harus mendaftar, jadi kita akan rundingkan dulu," kata dia.

Diketahui, DPP PKS saat ini telah menyerahkan formulir persetujuan B1 Parpol KWK kepada 368 calon kepala daerah untuk maju di Pilkada 2024.

Surat Keputusan (SK) Parpol KWK PKS ini diserahkan kepada masing-masing bakal calon gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota pada agenda 'Konsolidasi Nasional Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah' di ICE BSD, Kabupaten Tangerang.

Sekretaris PKS Aboe Bakar Al Habsyi di Tangerang, menyampaikan bahwa partainya memberikan formulir persetujuan B Parpol KWK sebanyak 368 ini terbagi dari persetujuan dukungan D untuk calon Gubernur sebanyak 31 KWK, kemudian B persetujuan dukungan calon Bupati sebanyak 272 KWK dan 65 KWK persetujuan calon Walikota.

"Tentu ini mempunyai target, yakni ada dua poin, yang pertama untuk memastikan kelancaran pendaftaran pada 27-29 Agustus 2024. Kedua, untuk memastikan pemenangan calon kepala daerah yang diusung PKS. Kemudian ada juga arahan dari pimpinan oleh Ketua Majelis PKS," ungkapnya.

Selain memberikan surat rekomendasi kepada para calon kepala daerah pada konsolidasi nasional ini, pihaknya juga tengah memberikan arahan Ketua Majelis PKS sebagai bentuk pemberian pemahaman platform partai dalam program kerja kepada para calon kepala daerah yang diusungnya pada Pilkada tersebut.

"Calon para kepala daerah nantinya agar bisa bekerja sebaik mungkin untuk mensejahterakan rakyat di daerah masing-masing," pungkas dia.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu menambahkan bahwa pemberian surat keputusan model B1 KWK ini merupakan bukti dukungan dari PKS terhadap bakal calon yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah serentak.

"kegiatan ini kita lakukan sebagai memberikan beberapa poin untuk persiapan Pilkada. Yang pertama adalah memberikan B1 KWK sebagai bukti dukungan resmi PKS kepada calon bupati/wakil bupati, wali kota/wakil wali kota dan gubernur, kemudian ini juga dilakukan sebagai proses penyerapan aspirasi dari seluruh kader dengan sistem bottom up atau yang berarti calon kepala daerah diharapkan bisa berkomunikasi dengan DPD PKS," katanya.

PKS juga akan memberikan salah satu yang menjadi pokok bahasan penting berkaitan dengan pesta demokrasi daerah yang saat ini semakin dekat, terutama menyangkut kesiapan calon atau pasangan calon yang akan diusung oleh partainya pada Pilkada nanti.

"Semua calon yang ada, insya Allah semuanya bisa dipastikan sudah melalui proses bottom up struktur yang ada di bawah, karena DPP PKS sudah membentuk tim internal dan independen sebagai penilaian kepada para calon kepala daerah layak untuk di usung," ungkapnya.

Ia menegaskan, untuk menyukseskan pemilihan kepala daerah tahun ini, PKS akan berkomitmen dengan seluruh kader atas kerja-kerja kolektif dari keluarga besar partai untuk habis-habisan memberikan pemenangan kepada calon-calon kepala daerah yang mendapat dukungan dari pihaknya.

"Saya juga menegaskan kepada para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di seluruh Indonesia untuk proses tahapan Pilkada 2024 ini dapat berjalan secara demokratis, aman, damai dan lancar," kata dia.
Baca juga: PKS gelar konsolidasi nasional jelang Pilkada 2024 di Tangerang
Baca juga: Golkar-PKS berkoalisi di Kota Tangerang

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024