Jakarta (ANTARA) - Sering kali kita dihadapkan pada situasi di mana harus menghitung angka persen. Menghitung persentase adalah keterampilan matematika dasar yang digunakan dalam berbagai aspek kehidupan, misalnya ketika kita sedang berbelanja sering kali kita melihat potongan harga dalam bentuk persentase.

Untuk menghitung persentase, Anda bisa menggunakan rumus: Persentase (%) = (jumlah bagian) / (jumlah total) X 100%. Rumus ini juga berguna untuk mengubah pecahan menjadi bentuk persentase. Secara sederhana, persen menunjukkan seberapa besar bagian tertentu dari keseluruhan jumlah.

Jika Anda merasa kesulitan menggunakan cara manual, Anda juga bisa menggunakan kalkulator yang disediakan di ponsel pintar Anda. Beberapa handphone sudah menyediakan kalkulator dengan fitur % secara langsung, namun apabila tidak ada fitur tersebut tidak usah khawatir ada cara yang bisa Anda ikuti:

1. Mengubah angka persen menjadi desimal

Jika handphone Anda tidak memiliki fitur % (persen), maka Anda harus mengubah persen menjadi desimal terlebih dahulu. Mengubah persen menjadi desimal hanya memerlukan satu langkah sederhana yaitu dengan memindahkan titik desimal dua tempat ke kiri. Ini karena persen adalah "per seratus." Jadi, 50% berarti 50 per 100, atau 0,50 dalam desimal.

2. Mengalikan dengan jumlah total

Setelah mendapatkan angka desimal, Anda tinggal mengalikannya dengan jumlah total yang ingin Anda hitung persentasenya.

Misalnya, jika Anda ingin mengetahui 20% dari Rp. 150.000, maka Anda hanya cukup mengalikan 0,20 dengan 150.000, sehingga hasil yang akan didapatkan adalah Rp. 30.000.

Jika handphone Anda memiliki fitur % (persen) langsung di kalkulatornya, Anda bisa langsung memasukkan angka dan menekan tombol "%". Misalnya ketik 150000, lalu tekan tombol kali (x) dan masukkan angka 20, kemudian tekan tombol %. Kalkulator akan langsung menampilkan hasilnya tanpa perlu mengubah persen menjadi desimal terlebih dahulu.

Menggunakan kalkulator di handphone tidak hanya mempercepat proses perhitungan, tetapi juga mengurangi risiko kesalahan hitung yang mungkin terjadi jika Anda menghitungnya secara manual.

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024