Orang bisa bekerja bila ada lapangan kerja. Sulsel kuat dan memiliki potensi besar sektor kemaritiman, agribisnis dan energi membutuhkan banyak tenaga kerja.
Makassar (ANTARA) - PT Sulsel Citra Indonesia (PT SCI Perseroda) dan PT Humpuss, di Makassar, Selasa, telah menandatangani nota kesepahaman untuk menjalin kerja sama dalam pengelolaan dan pengembangan potensi sumber daya di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Penjabat Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh mengatakan fokus utama dari kerja sama ini adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sulsel melalui empat sektor utama, yaitu sumber daya air, energi, kepelabuhanan, dan agribisnis.

Zudan optimistis, investasi yang ada akan menggerakkan sektor ketenagakerjaan.

"Orang bisa bekerja bila ada lapangan kerja. Sulsel kuat dan memiliki potensi besar sektor kemaritiman, agribisnis dan energi membutuhkan banyak tenaga kerja," ujarnya.

"Untuk itu, kami mengundang PT Humpuss dan ini gayung bersambut bersama SCI untuk bersama-sama investasi di Sulsel. Ini tentu akan menjadikan investasi yang besar," kata Zudan.

Adapun kerja sama ini meliputi empat sektor penting. Pertama, pengelolaan sumber daya air yang akan difokuskan pada penyediaan air bersih dan air minum.

Kedua, di sektor energi, kerja sama ini akan mendukung penyediaan bahan baku energi bagi operasional Makassar New Port dan berbagai industri besar seperti PT Semen Tonasa dan PT Vale Indonesia.

Ketiga, di sektor kepelabuhanan, kedua perusahaan akan berkolaborasi dalam penyediaan layanan seperti Harbour Tug Boat, Kapal Pandu, dan Dredging Vessel, serta keempat di sektor agribisnis, kerja sama ini akan mendukung program Sulawesi Palm Oil Belt yang mencakup pembangunan pabrik kelapa sawit, budi daya kelapa sawit serta pengembangan sektor pertanian hortikultura.

"Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk bekerjasama dengan Perseroda. Saya kira ini legacy yang Prof Zudan tinggalkan hal yang baik. Kami akan support dengan kekuatan yang ada dan kami siap," kata Direktur Eksekutif PT Humpuss, Andi Alifwansyah.

Di sisi lain, PT Humpuss sebagai perusahaan yang berpengalaman, memiliki rekam jejak yang kuat dalam bidang energi dan infrastruktur. Seperti pembangunan dan pengelolaan refinery dan industri Petrokimia serta di bidang pelayanan jasa kemaritiman dan kepelabuhanan.

Plt Direktur Utama PT SCI Machmud Achmad mengatakan sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Sulsel, pihaknya terus berkomitmen untuk menjadi perusahaan terkemuka yang mampu mendukung Pemerintah Daerah Sulsel dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui pengelolaan badan usaha secara profesional.

Saat ini, PT SCI sedang mengembangkan sejumlah program, antara lain di sektor perkebunan dan industri kelapa sawit sebagai bagian dari program Sulawesi Palm Oil Belt, pembangunan Petrochemical Complex di Kabupaten Bulukumba.

"Ini paling kita inginkan adalah bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan tentunya akan mempengaruhi juga pendapatan asli daerah Sulsel," ujarnya pula.

Dengan demikian, melalui kerja sama ini, PT SCI (Perseroda) dan PT Humpuss optimistis dapat berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan kerja, serta meningkatkan PAD. Kolaborasi ini juga diharapkan membuka lebih banyak peluang kerjasama yang saling menguntungkan.
Baca juga: Pj Gubernur rangkul konten kreator populerkan potensi Sulsel
Baca juga: Sulsel miliki indeks ekonomi biru tertinggi di Indonesia 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024