Jakarta (ANTARA) - Kinerja paruh musim yang dihasilkan dua pembalap asal Spanyol, Marc Marquez dan Alex Marquez menuai pujian dari Federal Oil selaku sponsor tim Gresini Racing.

Meski berstatus sebagai tim satelit untuk Ducati, namun Marc Marquez bersama Gresini Racing mampu memberikan perlawanan di sepanjang 11 seri balapan MotoGP di tahun 2024.

Marc menempati posisi empat dalam klasemen sementara MotoGP dengan perolehan 192 poin, hanya berjarak 22 poin dari Enea Bastianini di posisi tiga yang berstatus sebagai pembalap tim pabrikan Ducati.

Adapun adik Marc, Alex Marquez juga mampu memberikan catatan positif di posisi 10 dengan perolehan 98 poin, mendekati pencapaian musim lalu bersama Ducati dengan finis di peringkat sembilan.

Market Development General Manager ExxonMobil Lubricants Indonesia (Federal Oil), Rommy Averdy Saat mengatakan bahwa kunci keberhasilan Marquez bersaudara adalah tampil konsisten untuk menghasilkan poin dalam setiap balapan sepanjang MotoGP 2024.

"Mengawali paruh musim MotoGP 2024, kedua pembalap terus menunjukkan konsistensi dalam setiap penampilannya, dan tentunya didukung tim mekanik Gresini Racing yang mampu memaksimalkan Ducati Desmosedici GP23 agar makin nyaman saat digunakan balapan oleh Marc Marquez dan Alex Marquez," kata Rommy Averdy Saat dalam keterangan tertulis pada Selasa.

"Talenta terbaik dapat terlihat dari penampilan kedua pembalap yang mampu mengimbangi para pembalap lainnya yang menggunakan motor pabrikan," kata Rommy. "Tentunya, harapan dan dukungan Federal Oil, konsumen, serta penggemar di Tanah Air terus mengalir kepada Marc dan Alex untuk memberikan tontonan menarik dan meraih podium ganda di seri-seri selanjutnya.”

Baca juga: Marc Marquez optimistis raih podium di MotoGP Austria

Baca juga: Marc Marquez kecewa kembali gagal naik podium


Marc Marquez menyatakan, meski gagal naik podium di Sirkuit Red Bull Ring Austria pada pekan lalu, namun finis di posisi empat merupakan hasil yang bagus untuk tim Gresini Racing.

“Ini mungkin akhir pekan terbaik dalam perkembangan musim sejauh ini. Pekan yang hebat, kualifikasi yang luar biasa, dan dua podium 'mudah' yang nyaris diraih," kata Marc. "Sayangnya tidak berhasil, karena kecelakaan hari Sabtu dan banyak masalah kecil di Minggu, terutama di awal."

"Namun, kami meninggalkan Spielberg dengan semangat yang baik, sambil berharap keberuntungan akan berpihak agar bisa lebih kompetitif," kata Marc Marquez.

Balap MotoGP seri ke-12 tahun ini akan berlangsung di Sirkuit Aragon, Spanyol pada Minggu (1/9). Alex Marquez berharap bisa menampilkan performa yang signifikan karena mereka akan berlaga di hadapan pendukungnya sendiri.

Di Aragon, Marc Marquez punya catatan positif sejak berkarir di kelas GP125, Moto2 hingga MotoGP dengan meraih tujuh pole position dan enam kemenangan.

"Memulai dari posisi tengah membuat pekerjaan menjadi sulit untuk menemukan kecepatan yang tepat, jadi saya fokus untuk menyelesaikan balapan dan mencetak beberapa poin penting untuk kejuaraan. Segalanya akan berbeda di Aragon," kata Alex.

Baca juga: Menangi GP Austria, Bagnaia kembali ke puncak klasemen

Baca juga: Klasemen MotoGP 2024: Bagnaia unggul lima poin di puncak dari Martin



Klasemen MotoGP seusai seri ke-11 di Austria:
No Rider Tim Poin
1 Francesco Bagnaia Ducati Lenovo 275
2 Jorge Martin Prima Pramac 270
3 Enea Bastianini Ducati Lenovo 214
4 Marc Marquez Gresini 192
5 Maverick Vinales Aprilia 139
6 Brad Binder Red Bull KTM Factory 128
7 Pedro Acosta Red Bull GASGAS Tech3 125
8 Aleix Espargaro Aprilia 113
9 Fabio Di Giannantonio Pertamina Enduro VR46 104
10 Alex Marquez Gresini 98
11 Marco Bezzecchi Pertamina Enduro VR46 73
12 Franco Morbidelli Prima Pramac 73
13 Miguel Oliveira Trackhouse 55
14 Fabio Quartararo Monster Energy Yamaha 49
15 Jack Miller Red Bull KTM Factory 47
16 Raul Fernandez Trackhouse 46
17 Augusto Fernandez Red Bull GASGAS Tech3 16
18 Johann Zarco CASTROL Honda LCR 14
19 Joan Mir Repsol Honda 13
20 Takaaki Nakagami IDEMITSU Hond LCR 13
21 Alex Rins Monster Energy Yamaha 8
22 Dani Pedrosa Red Bull KTM Factory 7
23 Pol Espargaro Red Bull KTM Factory 6
24 Luca Marini Repsol Honda 1
25 Stefan Bradl HRC Test 0


Baca juga: Jorge Martin frustrasi kalah dua kali di Red Bull Ring dari Bagnaia

Baca juga: Enea Bastianini ingin terus ganggu persaingan Martin dan Bagnaia

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024