BI akan terus memperkuat sinergi kebijakan dengan pemerintah guna mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan inflasi yang terkendali.
Jakarta (ANTARA) - Direktur Departemen Regional Bank Indonesia (BI) M Firdauz Muttaqin mengatakan BI terus memperkuat sinergi kebijakan dengan pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

"Bank Indonesia akan terus memperkuat sinergi kebijakan dengan pemerintah guna mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan inflasi yang terkendali," kata Firdauz dalam acara Capacity Building: Perkembangan Perekonomian Daerah Terkini yang dipantau dalam jaringan, di Jakarta, Selasa.

Acara tersebut diselenggarakan dalam rangkaian Road to Kongres ISEI XXII di Solo pada 19-20 September 2024, atas kolaborasi BI dengan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI).

Firdauz menuturkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan III dan triwulan IV-2024 diprakirakan tetap baik, dengan rencana peningkatan stimulus fiskal serta kinerja ekspor yang meningkat dengan kenaikan permintaan dari mitra dagang utama.

Pertumbuhan ekonomi 2024 diproyeksikan berada dalam kisaran 4,7 persen sampai dengan 5,5 persen, dengan inflasi pada rentang sasaran 2,5 persen plus minus satu persen.

BI akan terus memperkuat sinergi dengan berbagai otoritas dan kementerian kelembagaan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, khususnya dari sisi permintaan.

Selain itu, inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) 2024 diproyeksikan tetap terkendali dalam sasaran, dengan inflasi inti terjaga seiring ekspektasi inflasi dan stabilisasi nilai tukar yang terkendali.

Inflasi volatile food diprakirakan tetap terkendali didukung oleh sinergi pengendalian inflasi BI dan pemerintah pusat dan daerah melalui strategi 4K, yakni keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif.
Baca juga: Menko Airlangga: Jaga empat modal utama pertumbuhan ekonomi nasional
Baca juga: Ekonom: Asumsi pertumbuhan ekonomi 5,2 persen terlalu optimistis

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024