Tokyo (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo mendukung penuh tim Indonesia dalam kejuaraan bulu tangkis dunia Japan Open 2024 sebab olahraga merupakan bagian penting dari diplomasi.

"Olahraga adalah bagian penting dari diplomasi. Saya meyakini para atlet mampu meraih hasil maksimal di kejuaraan dunia Japan Open 2024," ujar Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi di Tokyo, Selasa.

Heri memastikan pihaknya siap memberi dukungan kepada para atlet, pelatih dan ofisial selama gelaran Japan Open 2024.

"Saya berpesan, dalam setiap kompetisi tentu harapannya adalah menang. Tapi lebih dari itu adalah sportivitas dan juga penampilan terbaik yang menjaga nama baik Indonesia. KBRI Tokyo siap mendukung penuh selama teman-teman berada di Jepang,” ujarnya.

Turnamen tahunan Japan Open kali ini digelar pada 20-25 Agustus 2024 di Yokohama Kanagawa, Jepang.

Kejuaraan ini merupakan bagian dari rangkaian BWF World Tour Super 750 dengan total hadiah 850.000 dolar AS (Rp13,1miliar).

Japan Open 2024 akan menjadi turnamen badminton BWF World Tour pertama yang digelar kembali setelah Olimpiade 2024.

Rangkaian jadwal Japan Open 2024 dimulai dengan laga babak 32 besar pada 20-21 Agustus 2024.

Sesi puncak atau babak final dari turnamen Japan Open 2024 akan digelar pada Minggu 25 Agustus.

Ucapan terima kasih

Kepala pelatih ganda putra pelatnas bulu tangkis Indonesia Aryono Miranat menyampaikan apresiasi atas dukungan KBRI Tokyo dalam Japan Open 2024.

"Terima kasih atas dukungan dari KBRI Tokyo untuk perjuangan kami di Japan Open 2024," kata Aryono.

Pemain ganda putra bulutangkis Indonesia, Muhammad Rian Ardianto memastikan persiapan maksimal dari tim Merah Putih dalam laga Japan Open 2024.

"Kami melakukan latihan dan persiapan maksimal dalam menghadapi lawan di event ini. Semua atlet yang berlaga memiliki kans dan potensi yang besar. Semoga kami dapat memenangkan semua pertandingan," ujarnya.

Sementara itu rekan Muhammad Rian Ardianto, Fajar Alfian mengucapkan terima kasih atas dukungan doa dari rakyat Indonesia.

"Kami harus waspadai ya untuk pemain-pemain muda dari berbagai negara. Semoga kami bisa terus melaju hingga babak akhir. Terima kasih atas doa dari rakyat Indonesia," ujar Fajar.

Turun 10 wakil

Dalam Japan Open 2024, skuad Merah Putih menurunkan 10 wakil, yakni dua di sektor tunggal putra, satu di sektor tunggal putri, lima pasangan di sektor ganda putra, dan dua pasangan ganda campuran.

Untuk pertandingan hari pertama, pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto lolos babak 16 besar.

Turun pada pada pertandingan ke-3 di Lapangan 2, Fajar/Rian sukses membungkam pasangan Tiongkok Xie Hao Nan/Zeng Wei Han.

Di sektor tunggal putra langkah Anthony Sinisuka Ginting harus terhenti di babak awal. Ginting memutuskan mundur di tengah laga karena cedera, saat menghadapi pemain Jepang, Yushi Tanaka.

Pasangan ganda campuran yang juga berlaga hari ini adalah pasangan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati melawan Sathish Kumar Karunakaran/Aadya Variyath (India).

Indonesia masih mempunyai beberapa wakil di Japan Open 2024. Salah satu laga mempertemukan duel sesama wakil Indonesia yaitu Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan melawan Bagas Maulana/Leo Rolly Carnando. Bagas/Leo merupakan pasangan baru. Sementara pasangan baru lainnya ada Daniel Marthin/Muhammad Shohibul Fikri.

Tunggal putra Indonesia mempertemukan Chico Aura Dwi Wardoyo melawan Arnaud Merklé (Prancis).

Di ganda putra pasangan Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani berlaga melawan Chen Cheng Kuan/Chen Sheng Fa (China Taipei).

Baca juga: Anthony Ginting mundur dari Jepang Terbuka akibat cedera kaki
Baca juga: Tim Indonesia maksimalkan latihan hadapi Daihatsu Japan Open 2024

 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Primayanti
Copyright © ANTARA 2024