Taksidermi adalah seni menyiapkan, mengisi, dan memasang kulit hewan yang telah mati.
Yangon (ANTARA) - Di bagian sudut Yangon yang sunyi, tersembunyi di antara jalanan yang ramai, berdiri sebuah tenda sederhana yang dipenuhi dengan tubuh hewan mati yang diawetkan melalui taksidermi. Di tempat inilah U Myo Naing (52), salah satu dari segelintir ahli taksidermi di Myanmar, telah menjaga seni ini tetap hidup selama lebih dari 25 tahun.

Taksidermi adalah seni menyiapkan, mengisi, dan memasang kulit hewan yang telah mati.

"Saya belajar seni taksidermi dari guru saya, U Paw Than," ujar U Myo Naing.

"Di Myanmar, taksidermi merupakan seni yang langka dan terancam punah. Saya terus mempraktikannya karena saya ingin mewariskan taksidermi kepada generasi mendatang dan melestarikan seni ini di negara kami," tambahnya.
 
   Foto yang diambil pada 18 Agustus 2024 ini menunjukkan hewan taksidermi di sebuah bengkel di Yangon, Myanmar. (Xinhua/Myo Kyaw Soe)


"Saya mengundang para pelaku hobi yang ingin belajar taksidermi. Ada beberapa orang yang mempelajari seni ini, tetapi tidak ada yang menyelesaikan kursusnya. Kebanyakan dari mereka mempelajarinya sebagai hobi, bukan untuk mencari nafkah. Jadi, kami membutuhkan generasi baru untuk melestarikan kerajinan langka ini," lanjut Naing. 

Phyo Arkar, yang telah mengabdikan diri selama lebih dari empat tahun untuk mempelajari taksidermi, mengatakan tertarik pada bentuk seni yang langka ini dan melihat ada nilai tersendiri dalam melestarikan satwa liar yang langka serta hewan-hewan peliharaan kesayangan dalam bentuk yang sama persis dengan aslinya, bahkan setelah hewan-hewan tersebut mati.

"Meski saya masih mencari cara untuk mencari nafkah dari seni ini, saya percaya seni ini sangat bermanfaat bagi para pencinta hewan peliharaan," kata Arkar. 
 
   Seorang ahli taksidermi bekerja di sebuah bengkel di Yangon, Myanmar, 18 Agustus 2024. (Xinhua/Myo Kyaw Soe)


Ko Pyae, yang telah mempelajari taksidermi selama sekitar satu bulan, mengatakan meski tertarik dengan seni ini, ia tidak berencana menghasilkan uang darinya.

"Saya kira seni ini masih bisa membantu para pecinta hewan peliharaan melalui cara lain," ujarnya. 

Sementara itu, menurut U Myo Naing, dirinya mengerjakan sekitar dua atau tiga hewan untuk taksidermi dalam sebulan.

"Meski terkadang, tidak ada tawaran sama sekali. Kendati demikian, saya tetap melanjutkan pekerjaan ini karena saya ingin melestarikan seni ini untuk generasi mendatang," ungkap U Myo Naing.

Saat ini, hanya ada dua ahli taksidermi utama di Myanmar, termasuk U Myo Naing.

"Saya memberikan kursus di sejumlah universitas untuk mempromosikan seni ini dan mendorong para penggemar untuk melestarikan kerajinan langka ini," tuturnya. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024