Jakarta (ANTARA) -
Pebasket putri DKI Jakarta, Abby Poedjakesuma, mengatakan bahwa timnya optimistis merebut medali emas dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara yang diselenggarakan pada 8-20 September mendatang.

Ia membeberkan, dirinya bersama 11 rekan yang tergabung dalam skuad, sudah berlatih keras, berupaya terus untuk membangun chemistry, serta melakukan persiapan lainnya, seperti mengatur pola makan.

"Kami belajar dengan mengevaluasi kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan dalam suatu pertandingan yang sudah dijalani," kata Abby di Jakarta, Selasa.

Lebih lanjut dia membeberkan, skuad DKI yakin akan meraih medali tertinggi, karena sudah melalui banyak program pelatihan untuk persiapan, sehingga usaha yang dilakukan sudah maksimal.

"Ya kami sudah melalui banyak program, contohnya itu ada training camp (TC), terus try out atau uji coba di Taiwan, latihan intens pada pagi, dan sore hari. Jadi kurang lebih itu yang sudah dilakukan, makanya kami optimistis," ujar dia.

Abby menambahkan, tim pelatih sudah banyak memberikan arahan kepada pemain, baik dari sisi teknis dan non teknis.

Oleh sebab itu, semua pemain telah merasa siap untuk bertempur memenangi multi event olahraga tingkat nasional itu.

Baca juga: Waketum Pengprov Perbasi DKI Jakarta: Minimal dua emas di PON XXI 2024

Dalam PON XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara yang diselenggarakan mulai 8-20 September mendatang, cabang olahraga bola basket akan mempertandingkan empat nomor, yaitu 3X3 putra dan putri, serta 5on5 putra dan putri di wilayah Provinsi Aceh.

Pada Senin (19/8), Wakil Ketua Umum Bidang III Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) DKI Jakarta, Ikhwanul Iwan, mengatakan perolehan minimal dua medali emas dalam PON tahun ini sangat memungkinkan untuk diraih, bahkan menjadi juara umum cabang olahraga bola basket.

Harapan itu sejalan dengan target Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta, yang menargetkan menjadi juara umum dalam PON XXI.

"Target Kontingen DKI Jakarta adalah merebut juara umum dengan total 207 medali emas yang bisa diraih," kata Ketua Umum KONI DKI Jakarta Hidayat Humaid saat mengikuti kegiatan pengukuhan dan pelepasan Kontingen DKI Jakarta untuk PON XXI Aceh-Sumut di Jakarta International Velodrome, Jakarta, Senin (19/8).

Jakarta terakhir kali juara umum pada PON Riau XVIII 2012. Pada PON XX Papua yang dilaksanakan 2021, Jakarta menduduki posisi kedua atau runner up dengan memperoleh 111 emas.

Sedangkan terakhir kali berlaga di PON XX Papua, tim bola basket 5on5 putri DKI Jakarta, hanya mampu meraih medali perunggu atau menempati peringkat ketiga.

Baca juga: Heru pesan agar para atlet jaga nama baik DKI selama PON XXI/2024

Baca juga: KONI Jakarta targetkan juara umum PON XXI Aceh-Sumatera Utara

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024