Jakarta (ANTARA) - Monkey D Luffy adalah nama tokoh utama dalam serial komik dan animasi Jepang "One Piece" karya Eiichiro Oda. Oda awalnya merilis "The Romance Dawn Arc" pada 1997, yang menjadi cikal bakal alur cerita pertama dari manga dan anime "One Piece" dan alur cerita pertama dari "East Blue Saga".

Dalam dua cerita tersebut dikisahkan Monkey D. Luffy yang berusia tujuh tahun berteman dengan Red Hair Pirates dan bersumpah kepada kapten mereka, Red Haired Shanks, bahwa dia akan menjadi bajak laut yang hebat. Sepuluh tahun kemudian, Luffy berlayar dan menghadapi bajak laut wanita brutal Alvida, di mana dia bertemu Koby. Dia kemudian melakukan perjalanan ke kota Shells, yang diperintah oleh Kapten Marinir Morgan yang kejam. Di sana ia bertemu dengan "Pemburu Bajak Laut" Roronoa Zoro, seorang penjahat berbahaya yang ingin menjadi kru pertama Luffy.

"One Piece" sendiri debut beberapa bulan setelah "The Romance Dawn Arc" pada Juli 1997 di majalah mingguan Shonen Jump, sedangkan serial animasi pertamanya tayang mulai tahun 1999. Sejak saat itu, karakter Monkey D. Luffy memiliki penggemar yang fanatik di seluruh dunia.

Luffy digambarkan memiliki sifat yang ceria, pemberani, dan penuh semangat. Kisahnya tentang petualangan di lautan untuk mencari harta karun yang menginspirasi banyak orang, One Piece.

Luffy bertekad menjadi Raja Bajak Laut dan menemukan harta karun legendaris peninggalan kapten kelompok perompak tersohor di era sebelumnya, Gol D Roger. Untuk menguatkan tekad itu, Luffy bahkan berjanji kepada kapten perompak idolanya dari kelompok Bajak Laut Akagami, Shanks, untuk mengembalikan topi jerami yang sudah dia pinjam ketika kiprahnya berhasil diakui dunia sebagai Raja Bajak Laut. Topi jerami tersebut juga yang menjadi ciri khas Luffy di lautan. Dalam bahasa Jepang, jerami disebut "mugiwara".

Dengan sifatnya yang pemberani dan ceroboh, Luffy tidak takut menghadapi bahaya dan selalu siap bertarung, meskipun terkadang sifatnya yang ceroboh kerap membuatnya terlibat berbagai masalah.

Luffy sangat menghargai persahabatan dan selalu siap membantu teman-temannya, serta memiliki kemampuan untuk menyatukan orang-orang di sekitarnya.
 
Karakter-karakter dalam "One Piece". (ANTARA/HO-via IMDb)


Sejak mulai melaut, Luffy aktif merekrut kru kapal yang bisa diandalkan seperti ahli pedang Roronoa Zoro, ahli navigasi Nami, ahli memasak Vinsmoke Sanji, ahli menembak jitu Usopp, ahli ilmu pengobatan dan juga dokter Tony Tony Chopper, ahli arkeologi Nico Robin, ahli musik Soul Brook, ahli mesin dan pembuat kapal Cutty Flam alias Franky, serta ahli bela diri karate dan pengendali air Jinbe.

Kekuatan Luffy berasal dari buah iblis yang memberikan penggunanya kemampuan untuk mengubah tubuh menjadi elastis, sehingga Luffy dapat meregangkan atau menarik bagian tubuh yang dia mau untuk menyerang lawan.

Buah itu awalnya disangka tipe Paramecia (menawarkan kekuatan zat tertentu kepada tubuh yang memakannya) bernama "Gomu Gomu no Mi" alias buah karet karena meminjam pengertian tentang kekuatan awalnya yang memampukan pengguna untuk menjadi elastis, seperti karet.

Namun di episode terbaru serial animasi One Piece di Netflix episode 1071, buah iblis itu terungkap memiliki tipe Zoan mistis (menawarkan kekuatan makhluk mistis tertentu kepada tubuh yang memakannya) bernama Hito Hito no Mi model Nika. Konsep Nika mengambil referensi dari beberapa mitos dunia nyata, Nika juga merupakan dewa asli pertama dan satu-satunya di dunia "One Piece" yang memiliki kekuatan aslinya sendiri.

Pengisi suara Luffy berbeda-beda di setiap adaptasi animasi dan bahasa, namun aktris yang mengisi suara Luffy dalam bahasa Jepang ialah Mayumi Tanaka.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024