Jakarta (ANTARA) - Barito Putera tengah dalam suasana positif menjelang laga kontra Persebaya Surabaya pada pekan ketiga Liga 1 Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (23/8) mendatang.

Dikutip dari laman resmi Liga Indonesia, Selasa, pelatih Barito Putera Rahmad Darmawan (RD) menjelaskan hal ini tidak terlepas dari kemenangan atas Madura United pekan lalu.

RD mengakui bahwa hasil pertandingan berpengaruh signifikan terhadap mental pemain dan ia berharap agar pemain bisa cepat melupakan hasil pertandingan dan fokus pada laga-laga mendatang yang pasti akan lebih menantang.

"Saya terus berusaha membuat suasana lebih cair lagi di dalam sesi latihan, lewat happy game. Sekali lagi, penting bagi pemain menikmati pertandingan, bukan malah tersiksa. Pestanya para pesepakbola itu ya di pertandingan," ungkap RD.

Baca juga: CEO Barito Putera syukuri catatan ukiran gol tercepat di Liga 1

Pelatih asal Lampung itu menekankan pentingnya suasana positif dalam tim, dan untuk itu ia sering mengadakan latihan yang menyenangkan melalui permainan-permainan ringan agar pemain bisa menikmati pertandingan alih-alih merasa tertekan.

Mantan pelatih Persipura Jayapura itu menjelaskan dirinya musim ini kerap menampilkan pemain baru untuk mengisi sebelas pertama untuk memperkuat chemistry di dalam tim.

Meskipun begitu, menyatukan hubungan antar pemain merupakan hal yang sulit namun hal itu akan berjalan seiring dengan terus berlangsungnya kompetisi.

"Saya tahu ini tidak mudah, bisa dibilang kami main dengan pemain yang tahun lalu tidak semua bersama kita sebagai starting eleven. Jadi sekarang kami harus kuat memadukan mereka," jelas RD.

"Tapi dengan kerja keras, mudah-mudahan waktu bisa diperpendek untuk kami bisa menampilkan yang terbaik. Sepak bola itu sangat unpredictable, semua dimulai dari usaha dan kerja keras masing-masing," pungkasnya.

Baca juga: Pelatih Persebaya jadikan hasil pra-musim bahan evaluasi lawan Barito

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024