Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Badan Zakat Infak Sedekah (Bazis) Kepulauan Seribu menyalurkan dana pendidikan kepada 138 mahasiswa dari daerah setempat senilai Rp207 juta.

"Bantuan biaya pendidikan mahasiswa Masa Depan Jakarta (MDJ) Tahun 2024, merupakan program kami dari hasil pengumpulan zakat infak dan sedekah aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Kepulauan Seribu, masyarakat dan perusahaan swasta," kata Wakil I Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta, KH Nur Alambaktir di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan bantuan ini bagian dari komitmen pihaknya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang nantinya bisa memberikan dampak positif di masa depan.

Ia menyebutkan setiap mahasiswa akan menerima bantuan pendidikan Rp6 juta per orang selama satu tahun dan total bantuan yang disiapkan untuk program ini sebesar Rp207 juta.

"Bantuan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk meningkatkan wawasan para mahasiswa," kata dia.

Baca juga: DKI beri beasiswa pada anak nakes korban COVID-19 hingga Rp20 juta

Ia menambahkan para mahasiswa juga akan mendapat pengetahuan tentang cara komunikasi yang baik dengan para pengusaha, khususnya yang ada di Kepulauan Seribu.

Pihaknya juga menggali dana tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perusahaan untuk kemaslahatan umat

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) Kabupaten Kepulauan Seribu, Alawi menjelaskan, penyaluran bantuan itu untuk membantu kebutuhan mahasiswa Kepulauan Seribu dari sisi ekonomi.

"Manfaatkan bantuan yang diberikan secara maksimal, sehingga bisa memberikan kontribusi memajukan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan mahasiswa, nantinya para mahasiswa bisa menggali potensi zakat infak sedekah," kata dia.

Sebelumnya Baznas-Bazis Kabupaten Kepulauan Seribu menargetkan jumlah zakat, infak dan sedekah (ZIS) yang dikumpulkan di wilayah tersebut mencapai Rp5,5 miliar pada 2024.

Baca juga: Jakarta Drilling Society gelar beasiswa beri kontribusi bidang energi

Pada tahun 2023 pengumpulan Zakat Infak Sedekah (ZIS) berhasil terkumpul sebesar Rp2,74 miliar dan sebesar Rp2,61 miliar disalurkan kepada mustahik di daerah setempat melalui sejumlah program bantuan. 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024