Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI mendistribusikan sebanyak 7.800 paket makanan yang disediakan melalui layanan Dapur Umum Baznas untuk para penyintas kebakaran di Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan.

Bantuan paket makanan tersebut merupakan bagian dari Program Bank Makanan Baznas sebagai salah satu upaya memberikan akses makanan sehat untuk orang yang kekurangan dan membutuhkan melalui pendekatan kolaboratif, bekerja sama dengan berbagai pihak untuk membantu meringankan beban warga terdampak dengan menyediakan makanan bergizi dalam situasi darurat.

"Setiap harinya, layanan Dapur Umum Baznas menyediakan ribuan porsi makanan sajian berkah bergizi, yang mana pendistribusian ini diharapkan dapat membantu memenuhi gizi bagi para penyintas kebakaran di Manggarai," kata Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan melalui keterangan di Jakarta, Selasa.

Saidah mengatakan aksi ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Baznas dalam memastikan kebutuhan dasar masyarakat terpenuhi, terutama dalam situasi krisis.

Baca juga: Baznas kirim 4.500 porsi makanan untuk penyintas kebakaran Manggarai

"Pendistribusian bantuan ini diharapkan dapat membantu para penyintas kebakaran di Manggarai dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka yang mendesak," lanjutnya.

Saidah menyatakan pihaknya akan terus berupaya memberikan bantuan yang diperlukan untuk masyarakat yang membutuhkan.

Selain menyediakan paket bantuan makanan,  pihaknya juga menghadirkan layanan lainnya seperti mobil penyelamat, dapur umum, masjid darurat, dapur air, dan ambulans.

Saidah berharap Baznas dapat menjadi garda terdepan dalam membantu masyarakat yang terkena bencana, serta mengajak masyarakat luas untuk turut serta dalam upaya membantu sesama yang sedang menghadapi cobaan.

Baca juga: Baznas bikin masjid darurat bagi penyintas kebakaran Manggarai Jakarta
Baca juga: Ratusan KK penyintas kebakaran Manggarai sudah direlokasi ke rusun
 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024