Jakarta (ANTARA) - Komite Miss Universe Indonesia telah mengumumkan 16 finalis yang akan melaju ke babak final untuk memperebutkan mahkota sekaligus maju sebagai perwakilan Indonesia di ajang Miss Universe 2024 yang akan digelar di Meksiko, Amerika Selatan pada November mendatang.

Keenam belas finalis terpilih berasal dari latar belakang berbeda dan telah dinyatakan lolos syarat administrarif yang telah ditentukan, seperti penampilan, kecerdasan, advokasi sosial, dan kemampuan memimpin yang dapat menginspirasi masyarakat.

Tahun ini, jajaran finalis Miss Universe Indonesia diisi oleh Nadia Ingrida Tjuatja, Maria Ardelia Purwaningrum, Stella Vidyasari, Viori Dhea Vanessa, Putri Sulistiawati, Karen Afralia, Beivy Marselo Mega Sumampouw, Cinta Lole Amidjaja, Moriska, Clara Shafira Krebs, Fiza Javaid Khan, Khamelia Chalid, Vina Anggi Sitorus, Ester Liana, Meylan Vega, dan Ravena Wulandari.

Baca juga: Miss Universe Indonesia 2024 berlakukan sejumlah aturan baru

"Kami memastikan semua audisi berjalan dengan sangat profesional dan kami berkomitmen untuk memberikan setiap kontestan pengalaman yang aman serta menyenangkan selama mengikuti proses kontes Miss Universe Indonesia 2024," kata Teuku Jordan Zacky selaku Direktur Nasional Miss Universe Indonesia 2024 saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Selain Jordan, terdapat empat dewan juri lainnya yang ditunjuk untuk mengawal proses pemilihan peserta Miss Universe Indonesia 2024. Mulai dari Soraya Jasmine Haque (akademisi dan figur publik), Sanjay Mulani (casting director), Ria Juwita (model senior dan konsultan fesyen), hingga Naomi Julia Soegianto (pengusaha perempuan).

Baca juga: Jordan Zacky resmi jadi direktur nasional Miss Universe Indonesia 2024

"Kami tidak hanya menilai berdasarkan kecantikan semata, tetapi juga mempertimbangkan kepribadian, bakat, dan potensi yang dimiliki oleh setiap peserta," kata Soraya Haque.

Menariknya, Miss Universe Indonesia 2024 mengambil langkah inovatif untuk membuat kontes itu lebih transparan dan inklusif dengan mengintegrasikan sistem DAO berbasis web3. Melalui sistem DAO, komunitas penggemar kontes kecantikan dan masyarakat juga dapat berpartisipasi untuk mendukung serta memberikan suara kepada finalis favorit mereka.

"Setiap finalis Miss Universe Indonesia 2024 harus memiliki core value beautiful confidence dan semangat empowering, semoga kami dapat menemukan wakil terbaik dari Indonesia yang akan berkompetisi di Miss Universe 2024 di Meksiko nanti," tutup Jordan.

Baca juga: Penyelenggaraan Miss Global 2022 bangkitkan sektor parekraf di Bali

Kini, keenam belas finalis Miss Universe Indonesia 2024 akan melaksanakan proses karantina sebelum tampil di malam final ajang tersebut pada September 2024. Proses karantina finalis Miss Universe Indonesia 2024 meliputi kelas modeling, knowledge, wicara publik, dan lainnya.

Nantinya, siaran langsung final Miss Universe Indonesia 2024 akan ditayangkan di layanan Vidio dan informasi lebih lanjut mengenai ajang tersebut dapat dilihat melalui laman media sosial Miss Universe Indonesia 2024.


Baca juga: Miss USA R'Bonney Gabriel dinobatkan sebagai Miss Universe yang baru

Baca juga: Standar kecantikan, siapa yang berhak menentukan?

 

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024