Jakarta (ANTARA) - Jennie Kim adalah salah satu artis K-pop yang paling berpengaruh di era ini setelah memulai debutnya pada tahun 2016 sebagai anggota BLACKPINK.

Ia adalah seorang penyanyi, rapper, aktor, dan ikon fashion dengan dampak yang luas di seluruh dunia.

Jennie Kim lahir pada 16 Januari 1996, di Cheongdam-dong, Distrik Gangnam, Seoul, Korea Selatan. Selama masa kecilnya, Jennie tinggal di Auckland, Selandia Baru dan bersekolah di sana sehingga ia fasih berbahasa Inggris.

Pada tahun 2010, Jennie kembali pindah ke Seoul, Korea Selatan, dan mengikuti audisi yang diadakan oleh YG Entertainment. Ia berhasil menjadi trainee di agensi tersebut.

Jennie menjalani masa trainee selama enam tahun hingga akhirnya debut sebagai rapper utama dan vokalis utama dari girl group BLACKPINK pada tahun 2016.

Sukses dengan debutnya sebagai anggota BLACKPINK, Jennie juga menunjukkan bakatnya dengan debut solo melalui lagu berjudul "Solo."

Lagu ini menjadi fenomena saat dirilis, menduduki puncak tangga lagu Billboard's World Digital Songs.

Koreografinya menjadi viral, dan video klip lagu ini mendapatkan 16,1 juta penonton dalam waktu 24 jam. Hingga saat ini, Jennie telah merilis dua lagu solo, yaitu "Solo" dan "You & Me."

Tidak hanya di dunia musik, Jennie juga telah memperluas jangkauannya ke dunia akting.

Pada tahun 2022, Jennie memulai debutnya di Hollywood dalam serial televisi berjudul "The Idol," yang dibuat oleh Abel “The Weeknd” Tesfaye, Reza Fahim, dan Sam Levinson di channel HBO. Ini membuatnya menjadi idola Korea pertama yang tampil dalam serial drama Amerika.

Saat ini, Jennie telah mengambil langkah besar dalam kariernya dengan mendirikan agensinya sendiri yang bernama Odd Atelier. Agensi ini didirikan untuk mendukung aktivitas solo dan promosi Jennie dengan lebih fleksibel.

Diketahui bahwa Jennie Kim telah menjadi brand ambassador untuk berbagai merek ternama seperti CHANEL hingga Calvin Klein. Ia juga telah dua kali hadir di Met Gala, acara bergengsi yang diadakan setiap tahun, yang semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu ikon dalam dunia fashion dan entertainment.

Baca juga: Single "SPOT!" Zico & Jennie raih peringkat teratas tangga lagu Korea

Baca juga: Jennie Blackpink berkolaborasi dengan Matt Champion

Baca juga: Jennie BLACKPINK dirikan agensi baru untuk aktivitas solonya


Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024