Jakarta (ANTARA) - Duet pereli putri Indonesia Lody Natasha dan Sasty Laksamana meraih peringkat kedua kelas perempuan pada ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2024, yang berlangsung selama tujuh hari di Thailand.

Dengan menggunakan strategi terbaru, pasangan Lody dan Sasty berhasil naik peringkat berdasarkan hasil auto keseluruhan dibandingkan AXCR 2023. Ajang yang kerap disebut sebagai “Reli Dakar Asia” ini dimulai dari SuratThani, Thailand dan finish di Kanchanaburi, Thailand pada 11-17 Agustus 2024.

“Tahun ini adalah Asia Cross Country Rally dengan track yang sangat berat daripada tahun-tahun sebelumnya. Senang sekali kami bisa finis lebih unggul dari beberapa kompetitor pria yang tangguh. Ditambah, leg terakhir bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia. Ini membuat kami sangat terharu dan pantang menyerah sampai ke garis finis,” kata Lody seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima pewarta di Jakarta, Selasa.

Sasty mengungkapkan ini merupakan hasil yang gemilang.

“Di leg ketiga, leg keempat, dan leg keenam, kita berdua berhasil leading. Dari 6 leg, kita berhasil leading di 3 leg. Karena target kami adalah menjadi lebih baik dari tahun lalu, Alhamdulillah hasil tahun ini pun sesuai dengan target,” tutur Sasty.

Dalam partisipasi kali ini, Lody dan Sasty yang menggunakan mobil Isuzu D-Max menghadapi banyak rintangan dan tantangan berbeda di setiap leg.

Baca juga: Lody Sasty pastikan kembali berlaga di ajang reli AXCR 2024

Pada leg pertama, dengan jarak sepanjang 296,98 kilometer, Lody dan Sasty sempat tersasar di lintasan sampai tiga kali.

Lody menuturkan, “pada Leg pertama, kami sempat nyasar ke plantation. Puji Tuhan Alhamdulillah, akhirnya kita bisa finis tanpa penalti. Pada leg kedua, di kelas perempuan kita memimpin naik enam peringkat dengan waktu tempuh 2 jam 6 menit.”

Jarak total yang harus ditempuh duo srikandi untuk menaklukkan leg kedua adalah 553,03 kilometer. Sedangkan pada leg ketiga, Lody dan Sasty harus menempuh jarak 362,06 kilometer sampai garis finis.

“Di leg ketiga kami menghadapi rintangan yang cukup sulit untuk sampai ke finish. Tapi, Puji Tuhan, kita berhasil memimpin di leg ini.”

Leg keempat memiliki medan tanjakan tebing berbatu sepanjang 4 kilometer uphill dari total jarak 395,91 kilometer.

Sedangkan pada leg kelima, Sasty mengakui navigasi jalan dengan jarak 322,56kilometer yang disajikan sangat menantang. “Navigasinya aslinya rumit,” tutur Sasty.

Terakhir, leg keenam yang memiliki panjang rute 146,72 kilometer ini sebagai penutup AXCR 2024 membuahkan hasil yang manis.

“Di leg keenam, area nya adalah tanah berbatu, mirip gurun. Sejujurnya, ini susah sekali sebagai co-driver untuk nge-trace tyre print. Tapi Alhamdulillah bisa dan leading. Yang terutama, kita semua selamat dan sehat,” ujar Lody.

"Strategi terbaru yang kita terapkan pun bisa berhasil dan membuat kita leading di beberapa leg. Terima kasih banyak sekali lagi kepada keluarga, teman, para sponsor, dan semua yang sudah mendukung LodySasty di AXCR 2024," pungkasnya.

Baca juga: Pasangan Lody Natasha-Sasty Laksamana raih hasil bagus pada AXCR 2023

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024