Jakarta (ANTARA) - Microsoft excel telah menyediakan fitur untuk merubah sebuah nilai angka yang ada di cell excel ke dalam berbagai macam format angka. Salah satu format angka tersebut adalah format persentase (Percentage).

Persentase atau perseratus adalah cara untuk menyatakan pecahan dari seratus, dan sering kali ditulis dengan simbol "%". Setidaknya ada tiga cara untuk mengubah format angka di dalam sel excel menjadi format persentase. Berikut adalah tiga cara yang bisa digunakan:

1. Mengetikkan langsung simbol %

Anda bisa langsung mengetikkan angka diikuti dengan simbol persen (%) di sel Excel. Misalnya, ketik "50%" untuk menampilkan angka sebagai 50 persen.

2. Menggunakan format persentase di tab Home

Cara lain adalah dengan memformat sel Excel. Pilih sel yang ingin diubah, lalu pergi ke Tab Home, pilih bagian Number, dan klik ikon persen (%). Anda juga bisa menggunakan pintasan keyboard dengan menekan Ctrl + Shift + %.

3. Menggunakan kotak dialog format cells:

Klik kanan pada sel yang ingin Anda format, pilih "Format Cells", dan pilih "Percentage" di kotak dialog yang muncul. Ini akan otomatis mengubah angka menjadi format persentase.

Selain mengubah format angka menjadi persentase, Anda juga bisa menghitung persentase di excel dengan mudah sebagai berikut:

1. Menghitung persentase

Anda bisa menghitung persentase dengan menggunakan rumus =angka/total*100. Ganti lah "angka" dengan nilai yang ingin Anda hitung persentasenya, dan "total" dengan jumlah keseluruhan.

Misalnya, Jika Anda ingin menghitung berapa persen 20 dari 50, cara yang harus Anda lakukan adalah dengan memasukkan =20/50*100 di Excel. Setelah Anda memasukkan rumus tersebut maka, Excel akan membagi 20 dengan 50 (hasilnya 0,4), kemudian mengalikannya dengan 100 untuk mengonversinya menjadi persentase. Hasilnya yang akan didapatkan adalah 40%, yang berarti 20 adalah 40% dari 50.

2. Menghitung 20% dari angka

Jika Anda ingin menghitung 20% dari 200, maka Anda dapat memasukkan rumus =200*0.2 di Excel. Misalnya, untuk menghitung 20% dari 200, masukkan =200*0.2, dan hasilnya akan menunjukkan angka 40.

Demikianlah cara mengubah format angka menjadi persentase serta cara menghitung persentase di Excel. Dengan memahami rumus-rumus di atas, Anda akan lebih mudah melakukan perhitungan dan pengolahan data dalam bentuk persentase. Semoga bermanfaat!


Baca juga: Cara mudah mengubah persen ke desimal

Baca juga: Cara menghitung persentase dengan mudah

Baca juga: Persentase battery health iPhone yang sehat

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024