Jakarta (ANTARA) - Menghitung persentase adalah keterampilan matematika dasar yang sering kita gunakan dalam berbagai aspek kehidupan. Misalnya ketika sedang berbelanja, sering kali melihat potongan harga dalam bentuk persentase.

Anda mungkin ingin tahu berapa banyak potongan harga yang akan didapatkan, atau saat menilai pertumbuhan investasi.

Untuk menghitung persentase, kita bisa menggunakan rumus: Persentase (%) = (jumlah bagian) / (jumlah total) X 100%. Rumus ini juga berguna untuk mengubah pecahan menjadi bentuk persentase. Secara sederhana, persen menunjukkan seberapa besar bagian tertentu dari keseluruhan jumlah.

Dalam kehidupan sehari-hari angka persentase sering ditemui, baik di poster diskon, data statistik, maupun saat menghitung pajak atau tunjangan gaji. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami cara menghitung persentase dan menerapkannya dalam situasi sehari-hari.

Apa itu persentase

Sebelum menghitung persentase, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan persentase. Pada dasarnya, persen merupakan sebuah bentuk bilangan yang menggambarkan berapa bagian dari keseluruhan data yang ada.

Untuk memahaminya lebih lanjut, perhatikan contoh di bawah ini:

Contoh misalnya Anda punya 4 buah kelereng dan 3 diantaranya berwarna putih. Jika Anda ditanya berapa persentase kelereng putih maka cara menghitung persentasenya adalah:

3/4 x 100% = 75%

Dari contoh di atas dapat disimpulkan cara menghitung persentase adalah sebagai berikut:

Presentase = Jumlah dicari persentasenya / jumlah total x 100%

Contoh lainnya mengenai persentase yang biasa kita lihat sehari-hari, adalah terkait potongan diskon, perhatikan contoh berikut:

Sepasang sepatu dibanderol dengan harga Rp. 200.000 dan Anda mendapat potongan harga sebesar 20%. Maka cara menghitungnya adalah:

Rp. 200.000 x 20/100 = 40.000

Melihat angka di atas, maka diskon yang akan didapatkan adalah sebesar Rp. 40.000. Jumlah yang harus Anda bayarkan adalah sebesar Rp. 160.000.

Demikianlah cara menghitung persen beserta contohnya yang bisa Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Persentase battery health iPhone yang sehat

Baca juga: Cara mudah mengubah persen ke desimal


 

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024