Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Filipina Agus Widjojo mendorong warga negara Indonesia (WNI) di negara itu untuk meraih peluang menuju Indonesia Emas 2045 dalam amanat upacara HUT ke-79 RI di KBRI Manila, Sabtu (17/8).

"Dubes RI mengajak seluruh masyarakat Indonesia di Filipina untuk memanfaatkan peluang dan kesempatan untuk meraih Indonesia Emas 2045," menurut pernyataan dalam rilis KBRI Manila, Filipina, merangkap Republik Marshall Islands dan Palau, di situs Web Kementerian Luar Negeri RI, Selasa.

Dalam rilis itu, disebutkan bahwa upacara pengibaran bendera dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di KBRI Manila diadakan pada Sabtu, 17 Agustus 2024, diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Dubes Agus bertindak sebagai inspektur upacara, yang dihadiri oleh para staf, DWP KBRI Manila, Friends of Indonesia dan masyarakat Indonesia di Filipina.

Dalam amanatnya, Dubes Agus menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan Indonesia menyelenggarakan Pemilu 2024, pertumbuhan ekonomi yang positif, dan kepercayaan internasional yang terus meningkat.

Dubes Agus juga menyampaikan makna tema HUT RI 2024, yaitu Nusantara Baru, Indonesia Maju, yang mencerminkan visi masa depan Indonesia, yang memadukan makna sejarah dan budaya Nusantara dengan fokus pada kemajuan dan pembangunan.

Selanjutnya, dia mengajak seluruh masyarakat Indonesia di Filipina untuk memanfaatkan peluang dan kesempatan meraih Indonesia Emas 2045.

Setelah upacara selesai, KBRI Manila melanjutkan perayaan dengan acara syukuran yang diadakan di Ruang Nusantara.

Acara tersebut juga dimeriahkan oleh berbagai pertunjukan budaya, antara lain tarian tradisional seperti tari saman, tari gitek balen, dan penampilan Kelompok Vokal Batak Manila.

Syukuran HUT ke-79 RI ditutup dengan makan siang dengan sajian nasi uduk lengkap, dan tarian poco-poco.

Baca juga: WNI di Shanghai pertama kali peringati HUT RI di lapangan terbuka
Baca juga: Dubes Chandra: Bilateral RI-Serbia, RI-Montenegro terus berkembang
Baca juga: Ribuan orang berpartisipasi dalam acara HUT RI ke-79 di KBRI Stockholm

Pewarta: Katriana
Editor: Primayanti
Copyright © ANTARA 2024